Menjaga Ketahanan Pangan Selama Pandemi, Warga Tanam Sayuran Organik

- Senin, 2 Agustus 2021 | 20:47 WIB
Anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Anggrek Asri Borokulon, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo panen tanaman sayur di lahan demplot setempat. (foto: Suaramerdeka.Com/Aris Himawan)
Anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Anggrek Asri Borokulon, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo panen tanaman sayur di lahan demplot setempat. (foto: Suaramerdeka.Com/Aris Himawan)

PURWOREJO, suaramerdeka.com - Warga di Perumahan Pepabri Kelurahan Borokulon, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo mempunyai cara tersendiri untuk bertahan selama pandemi Covid-19.

Mereka memfaatkan lahan yang sempit dengan cara menanam sayuran dengan menggunakan polibag dan membuat lahan demplot sayuran.

Polybag dan demplot tanaman tersebut berisikan berbagai macam tanaman sayur mulai dari tomat, cabai, selada, kangkung dan jenis lainnya.

Baca Juga: Jokowi Hubungi Greysia/Apriyani Lewa Video Call, 'Saya Tunggu Nanti di Istana'

Penanaman tersebut merupakan inovasi yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) "Anggrek Asri" sejak 6 bulan lalu.

Ketua KWT "Anggrek Asri" Borokulon, Choirunnisa mengaku mendapat banyak manfaat dengan menanam sayuran di pekarangan rumah.

Menurut Nisa dengan menanam sayuran sendiri di pekarangan rumah membantu ekonomi keluarga di masa pandemi. Saat ini Ia tidak perlu lagi membeli bahan-bahan dapur seperti cabai, tomat dan sayur.

"Sangat bermanfaat untuk meningkatkan gizi keluarga. Kemudian membantu ekonomi keluarga, sekarang ga perlu repot beli sayuran lagi. Kalau mau bikin sambel tinggal petik, kalau mau masak sayur, sayurnya juga tinggal petik," kata Nisa saat ditemui Suaramerdeka.Com, Senin (2/8).

Nisa menjelaskan, program pemfaatan pekarangan di RW 05 Kelurahan Borokulon ini dinilai sukses saat menghadapi pandemi Covid-19 sehingga mendapat perhatian dari pemerintah.

Untuk mendukung program tersebut mendapat bantuan dari pemerintah pusat senilai Rp. 50 juta. Dengan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Lagi-lagi, Limbah Cemari Sungai Bengawan Solo di Cepu

Kamis, 16 September 2021 | 06:15 WIB

Jangkau Warga Pelosok, Alumni Pelajar Gelar Vaksinasi

Rabu, 15 September 2021 | 16:23 WIB
X