Kalurahan di DIY Terima Danais untuk Penanganan Covid-19, Pemkot: Akan Kita Awasi

- Senin, 2 Agustus 2021 | 18:35 WIB
Ilustrasi dana bantuan. (suaramerdeka.com / dok)
Ilustrasi dana bantuan. (suaramerdeka.com / dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Setiap kalurahan di DIY bakal menerima bantuan senilai Rp 50 juta hingga Rp 145 juta bersumber dari dana keistimewaan (danais). Bantuan ini khusus diperuntukkan penanganan Covid-19.

Terkait rencana bantuan itu, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengingatkan para lurah bahwa mereka adalah bagian dari Pemkot. Oleh karena kewenangannya bersifat vertikal, pertanggungjawaban penggunaan dana tersebut harus dilaporkan kepada Asisten Kesra Setda Yogyakarta.

"Penggunaan bantuan harus diikuti dengan program yang jelas. Kegiatannya berbasis tiga hal yaitu pencegahan, penanganan Covid-19, dan pemulihan ekonomi," kata Haryadi saat dikonfirmasi, Senin (2/8).

Baca Juga: Greysia/Apriyani Raih Emas Olimpiade, Yoyok Sukawi: Top Markotop

Dia mencontohkan program yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19 semisal sosialisasi, sedangkan penanganan pandemi dapat dilakukan dengan membantu kebutuhan pangan warga yang menjalani isolasi mandiri. Adapun upaya pemulihan ekonomi dilaksanakan dengan cara mendorong kegiatan ekonomi di wilayah masing-masing.

"Semua kegiatan harus berkaitan dengan Covid-19 dan bisa dipertanggungjawabkan. Kita akan awasi penggunaan danais di tiap kalurahan melalui mekanisme yang ada," kata Haryadi.

Teknisnya, Bagian Kesra nantinya akan berkoordinasi dengan camat kemudian mengumpulkan para lurah. Selanjutnya, camat membantu proses evaluasi dan pelaksanaan.

"Tahapannya adalah membuat program, penganggaran, pelaksanaan, pertanggungjawaban, dan evaluasi. Jangan terbalik-balik urutannya, apalagi dana belum datang tapi sudah dievaluasi," pesan dia.

Baca Juga: Unnes Bantu UMKM Lindungi Merek Dagangnya, Pendaftaran Bisa Lewat Daring

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagi-lagi, Limbah Cemari Sungai Bengawan Solo di Cepu

Kamis, 16 September 2021 | 06:15 WIB

Jangkau Warga Pelosok, Alumni Pelajar Gelar Vaksinasi

Rabu, 15 September 2021 | 16:23 WIB
X