Stok Vaksin di Yogyakarta Tinggal 11.000 Dosis Sinovac, Hanya Cukup untuk Suntikan Kedua

- Senin, 2 Agustus 2021 | 15:49 WIB
Kegiatan vaksinasi (Modesta Fiska)
Kegiatan vaksinasi (Modesta Fiska)


YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Selain stok obat, ketersediaan vaksin di Kota Yogyakarta juga minim. Kini hanya tersedia sekitar 11.000 dosis Sinovac yang digunakan untuk suntikan kedua.

"Itu pun sebenarnya masih kurang. Kebutuhan untuk dosis dua sampai dengan akhir Agustus seharusnya 51.000," ungkap Kepala Dinkes Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani ditemui disela kegiatan vaksinasi di XT Square, Senin (2/8).

Pihaknya beberapa waktu lalu sudah mengajukan tambahan vaksin. Stok terakhir tiba pekan lalu sejumlah 11.000 dosis, dan sudah disebar ke seluruh faskes. Walikota juga telah berkirim surat ke Menteri Kesehatan untuk permohonan buffer stok.

Baca Juga: PLN Imbau Pelanggan Bayar Listrik di Awal Bulan, Hindari Pemutusan Sementara

Namun karena aturan mengharuskan satu pintu lewat provinsi, pihaknya terus menunggu droping dari Pemda DIY. Sementara menunggu kedatangan vaksin, Dinkes Yogyakarta telah menyampaikan kepada puskesmas dan rumah sakit agar mendahulukan vaksinasi dosis dua. Pertimbangannya agar pemberian vaksin bisa tuntas.

"Jangan kita ngebut dosis satu tapi dosis dua tidak selesai. Itu malah bisa jadi masalah," ujarnya.

Berdasar informasi yang dia terima, ketersediaan vaksin tingkat nasional baru 22 persen. Hari ini dijanjikan vaksin bisa keluar itupun hanya untuk dosis dua penyuntikan AstraZeneca.

Sementara capaian vaksinasi untuk warga Yogyakarta sejauh ini sudah 127 ribu penduduk dari target sekitar 300 ribu jiwa.

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagi-lagi, Limbah Cemari Sungai Bengawan Solo di Cepu

Kamis, 16 September 2021 | 06:15 WIB
X