Gubernur Akan Resmikan Yusri dan Buka Lomba Vlog Pelajar

- Senin, 29 Maret 2021 | 09:30 WIB
Gerakan Moral Air. (suaramerdeka.com / dok)
Gerakan Moral Air. (suaramerdeka.com / dok)

KLATEN, suaramerdeka.com – Sekolah Sungai Klaten, Klinik Lingkungan dan Mitigasi Bencana UGM dan pihak terkait akan menggelar Webinar Gerakan Moral ‘’Memuliakan Air’’ dalam memperingati Hari Air Sedunia dan Hari Bumi 2021 di SMPN 1 Jogonalan, Klaten, Senin (29/3).

Rencananya, acara akan dibuka Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan menjadi keynote speaker.

Gubernur juga akan meresmikan Yayasan Sungai Lestari Indonesia (Yusri) dan meluncurkan Lomba Vlog Pelajar Nasional tingkat SMP, SMA dan SMK memperebutkan Piala Gubernur Jawa Tengah.

"Gubernur Ganjar Pranowo akan hadir pada Webinar yang saat ini pendaftar  sudah mencapai 500 peserta. Beliau juga akan meresmikan Yayasan Sungai Lestari Indonesia dan meluncurkan lomba vlog pelajar. Acara akan dihadiri 40 peserta luring dengan protokol kesehatan ketat," kata Ketua Panitia Arif Fuad Hidayah yang juga Ketua Yusri.

Acara akan dihadiri Bupati Klaten, Forkompimda Klaten, Kepala Disdik Provinsi Jateng, Kepala BPBD Jawa Tengah, Asisten 2 Sekda Jateng, sejumlah kepala OPD Klaten, perwakilan Komunitas Sungai, Dharma Wanita, PKK, pengurus Sekolah Sungai, Pengurus Yusri dan lainnya.

Dalam webinar yang dipandu Yulinda Erma Suryani dari Unwidha Klaten itu, Dirjen SDA Ir Jarot Widyoko SP-01 akan memaparkan ‘’Kolaborasi Pentahelix dalam Pengelolaan Air untuk Kesejahteraan Masyarakat’’, dan Deputi Bidang Pencehahan BNPB Ir Lilik Kurniawan ST MSc akan mengulas ‘’Kebijakan Nasional dalam Penegahan Bencana Hidrometrologi’’.

Kepala SMPN 1 Jogonalan Klaten Dra Endah Sulistyowati MSi akan menjelaskan ‘’Edukasi Moral Air melalui Media Digital Vlog’’, materi ‘’Peran Swasta dalam Gerakan Aksi Pelestarian Air Bersama’’ akan dibawakan Ratih P. Anggraeni dari Danone Indonesia dan ‘’Gerakan Aksi Komunitas Relawan Melindungi Air’’ akan dipaparkan Arif Fuad Hidayah dari Sekolah Sungai Klaten.

Yusri berdiri atas inisiatif Kepala Klinik Lingkungan dan Mitigasi Bencana (KLMB) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Prof DR Suratman MSc dan Kepala Sekolah Sungai Klaten Drs Jaka Sawaldi MM.

Sementara itu, lomba vlog pelajar bertema ‘’Memuliakan Air’’ tingkat nasional akan diikuti peserta dari SMP, SMA dan SMK. Juara 1 akan mendapatkan Piala Gubernur Jawa Tengah, juara 2 mendapatkan Piala Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah, dan Juara 3 akan mendapatkan Piala Bupati Klaten.

"Ketentuan lomba akan diedarkan melalui web resmi, media massa dan media sosial. Kami juga akan memilih juara Favorit dan mendapatkan piala Yayasan. Besar harapannya, agar semangat peduli air dan bumi akan menggelora di kalangan generasi muda,’’ kata Endah Sulistyowati selalu Ketua Panitia Lomba Vlog.

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Terkini

Libur Akhir Tahun, Destinasi Wisata di Sleman Tetap Buka

Minggu, 28 November 2021 | 15:57 WIB

Tembakau Musim 2021 Masih Belum Menguntungkan Petani

Sabtu, 27 November 2021 | 21:49 WIB

Gebrak Bayi, Tradisi Berkah Si Buah Hati

Jumat, 26 November 2021 | 22:28 WIB

Polres Pemalang Tangkap Pembuat dan Penjual Uang Palsu

Kamis, 25 November 2021 | 16:12 WIB
X