Atasi Banjir, Anggota DPD RI Abdul Kholik Usulkan Jateng Selatan Punya Balai Besar Wilayah Sungai Sendiri

- Jumat, 23 September 2022 | 00:28 WIB
Anggota DPD RI asal DIY, GKR Hemas dan anggota DPD RI asal Jateng, Abdul Kholik bertemu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membahas penanganan program Kementerian PUPR yang beririsan antara Jateng dan DIY. (foto: dok DPD)
Anggota DPD RI asal DIY, GKR Hemas dan anggota DPD RI asal Jateng, Abdul Kholik bertemu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membahas penanganan program Kementerian PUPR yang beririsan antara Jateng dan DIY. (foto: dok DPD)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Senator atau anggota DPD RI asal Jawa Tengah, Dr Abdul Kholik, mengatakan sungai di bagian selatan Jawa Tengah perlu memiliki Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) tersendiri.

Sebab, selama ini kurang optimal karena penanganan sungai di wilayah itu masih tergabung dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) yang masuk dalam koordinasi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

''Sungai Serayu saat ini kondisinya semakin kritis. Dan juga banyak sungai lain yang perlu mendapat penanganan serius seperti Kali Klawing di Purbalingga, Sungai Luk Ulo di Kebumen, Sungai Bogowonto di Purworejo, dan lainnya. Maka, apabila selama ini disatukan penanganannya dengan Provinsi DIY, lingkupnya menjadi terlalu besar dan luas sehingga tidak optimal,'' kata Abdul Kholik, di Jakarta, Kamis 22 September 2022.

Baca Juga: Bersyukurlah 3 Zodiak Ini, Dianugerahi Jago Menguras Rezeki dan Cuan, Bisa Buat Beli Tanah, Besty

Menurut Kholik, beberapa tahun terakhir memang terjadi banjir besar di wilayah Banyumas, Cilacap, dan Kebumen.

Banjir ini menggenangi area yang sangat luas dan lama surutnya.

Banjir mengakibatkan kerugian sangat besar karena menggenangi lahan pertanian yang subur.

Baca Juga: Meretas Ramalan 6 Zodiak, Bakal Berkuasa, Rezeki dan Cuan Mengalir Deras Seperti Air Terjun Niagara

“Berkali-kali panen gagal karena banjir tak kunjung surut dalam waktu singkat,'' ujarnya.

''Saya sudah berkoordinasi dengan senator DIY membahas soal ini. Mereka memberi respons positif dan mendukung adanya balai besar wilayah sungai tersendiri di Jawa Tengah Selatan. Apalagi selama ini di wilayah Yogyakarta BBWSSO itu harus menangangi banyak sungai,'' tambah Abdul Kholik.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X