Kemenkumham Jateng Vaksinasi Warga Binaan

- Rabu, 28 Juli 2021 | 15:18 WIB
Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin didampingi jajarannya meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Lapas Kelas I Semarang/Lapas Kedungpane, Rabu (28/7)./suaramerdeka.com/dok
Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin didampingi jajarannya meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Lapas Kelas I Semarang/Lapas Kedungpane, Rabu (28/7)./suaramerdeka.com/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah melakukan vaksinasi terhadap seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di wilayah Jawa Tengah.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin menyatakan, vaksinasi diberikan secara bertahap.

Tahap pertama, diberikan kepada 1.543 orang WBP Lapas Kelas I Semarang/Lapas Kedungpane.

Baca Juga: Indonesia Potensi Besar jadi Produsen Halal Terbesar Dunia, Wapres: Belum Dimanfaatkan Optimal

Vaksinasi di Lapas ini dilangsungkan selama dua hari (28-29/7), dengan melibatkan tenaga kesehatan dari Lapas, Bidang Dokkes Polda Jateng dan Kesdam IV/Diponegoro.

"Vaksin merupakan bantuan langsung dari Polda Jateng dan Kodam IV Diponegoro. Kegiatan vaksinasi ini sekaligus bentuk kontribusi nyata kami dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19, khususnya untuk lingkungan Lapas dan Rutan," kata Yuspahruddin usai meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Lapas Kelas 1 Semarang, Rabu (28/7).

Menurut Kepala Kanwil, langkah percepatan pemberian vaksin kepada WBP adalah hal yang mutlak dilakukan. Hal ini tak lepas dari kondisi Lapas dan Rutan yang sebagian besar jumlah huniannya melebihi kapasitas.

Baca Juga: PPKM Level 4, PKL di Kota Magelang Boleh Sediakan Meja-Kursi Makan di Tempat

"Seluruh Lapas dan Rutan di Jawa Tengah ini over kapasitas. Mereka tidak bisa menerapkan prokes seutuhnya semisal menjaga jarak, karena tidurnya saja sudah berdempetan. Karena itu, memang jalan satu-satunya adalah dengan vaksinasi," ujarnya.

Jalannya vaksinasi juga ditinjau langsung oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Widi Prasetijono beserta masing-masing jajaran.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

30.000 Desa Nikmati Program Pamsimas

Selasa, 21 September 2021 | 22:04 WIB

Penyandang Disabilitas Fisik Terima Bantuan Kemensos

Selasa, 21 September 2021 | 14:25 WIB

Selama Pandemi Pelanggaran Lalu Lintas Turun

Senin, 20 September 2021 | 21:53 WIB

Pesantren Didorong Jadi Kader Penanganan TBC

Senin, 20 September 2021 | 14:45 WIB
X