Mahasiswi Undip Bantu Pembuatan SOP Pelayanan Publik Desa Kadipaten

- Rabu, 28 Juli 2021 | 11:00 WIB
Pemasangan Poster SOP Pelayanan Publik Desa Kadipaten. (suaramerdeka.com / dok)
Pemasangan Poster SOP Pelayanan Publik Desa Kadipaten. (suaramerdeka.com / dok)

WONOSOBO, suaramerdeka.com – Firstananda Putri Feby, Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Undip 2018 membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Publik di Desa Kadipaten, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo.

Kegiatan ini sebagai salah satu program dalam pelaksanaan KKN Undip Tim II 2021 yang mengusung tema  ”Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals)“.  

Program diambil sebab melihat Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayan publik pada masa Pandemi Covid-19 yang dimiliki oleh Pemerintah Desa Kadipaten belum maksimal.

"Padahal, adanya SOP pelayanan publik di tengah kasus Covid-19 yang terus melonjak merupakan hal yang cukup penting mengingat pelayanan publik hampir setiap hari berlangsung dan melibatkan banyak masyarakat," kata Firstananda.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Berbasis Risiko Terus Dipercepat, Menkes Ungkap yang Dapat Prioritas

Pandemi Covid-19 menuntut masyarakat melakukan adaptasi baru, begitupun dalam penyelenggaraan pelayanan publik tentu harus ditingkatkan sebagai upaya mencegah masifnya penyebaran Covid-19.

Di dalam naskah SOP pelayan publik pada masa pandemi Covid-19 berisikan materi yang menjelaskan mengenai alur masuk pelayanan publik, protokol kedatangan, protokol dalam ruang pelayanan, dan protokol saat mendapatkan pelayanan publik yang disesuaikan dengan kondisi ditengan Pandemi.

Sebelum program dijalankan, Firstananda mengkonsultasikan naskah terlebih dahulu dengan pihak Pemerintah Desa Kadipaten untuk mendapatkan persetujuan.

Baca Juga: Dolar Melemah pada Sekeranjang Mata Uang Lain, Usai Investo Tunggu Hasil Pertemuan Fed

“Saya rasa naskah SOP Pelayanan Publik ini sudah cukup baik dan siap dipublikasikan kepada masyarakat, semoga dapat memberikan dampak positif dan pemahaman terutama saat masyarakat mendapatkan pelayanan publik di tengah Pandemi seperti ini,” tutur Heri Basuki selaku Kepala Desa Kadipaten.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penyandang Disabilitas Fisik Terima Bantuan Kemensos

Selasa, 21 September 2021 | 14:25 WIB

Selama Pandemi Pelanggaran Lalu Lintas Turun

Senin, 20 September 2021 | 21:53 WIB

Pesantren Didorong Jadi Kader Penanganan TBC

Senin, 20 September 2021 | 14:45 WIB

Berdayakan Umat, NU Kebumen Kembangkan Pertanian

Minggu, 19 September 2021 | 21:50 WIB
X