KNTI Jawa Tengah Jembatani Persoalan Nelayan dengan Masyarakat dan Pemerintah

- Sabtu, 10 September 2022 | 07:15 WIB
Ketua KNTI Jateng Slamet Ari Nugroho (tengah berkacamata) menunjukkan dokumen kerja sama saat acara Rembuk Nelayan di Kampung Nelayan Huntara.  (suaramerdeka.com / dok KNTI)
Ketua KNTI Jateng Slamet Ari Nugroho (tengah berkacamata) menunjukkan dokumen kerja sama saat acara Rembuk Nelayan di Kampung Nelayan Huntara. (suaramerdeka.com / dok KNTI)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Jawa Tengah bersama International Budget Partnership (IBP) Indonesia menyelenggarakan acara Rembuk Nelayan.

Kegiatan bertajuk "BBM Subsidi Tepat, Nelayan Bangkit Lebih Cepat" itu berlokasi di Kampung Nelayan Huntara, Tambak Rejo, Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang.

Ketua KNTI Jawa Tengah Slamet Ari Nugroho mengatakan, ada sejumlah persoalan dalam tiga tahun terakhir program kerja KNTI bersama teman-teman koalisi, seperti KotaKita, Fitra, IBP dan Perkumpulan Inisiatif.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Muncul Pelangi di Istana Buckingham, Pertanda Baik?

Dalam tiga tahun ini, pihaknya berusaha membantu menjembatani problem para nelayan tradisional baik dengan masyarakat maupun pemerintah.

Di tahun pertama, pada 2020, KNTI Jateng bersama koalisi mengadakan survei sekaligus mendata para nelayan yang tergabung dalam organisasi KNTI yang belum bisa mengakses surat rekomendasi BBM bersubsidi.

"Nelayan tradisional berhak mendapatkan BBM subsidi karena 70-80 persen waktu melaut menggunakan bahan bakar," kata Slamet Ari Nugroho, kemarin.

Baca Juga: Cek Asmara Zodiak Hari Ini 10 September 2022: Capricorn Pengertian, Ancaman Pisces, Cinta Aquarius?

Menurutnya, kalau bahan bakarnya tidak bisa diperoleh secara subsidi, mereka bisa dipastikan akan mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan bahan bakar.

Maka dari itu KNTI Jawa Tengah bersama organisasi lain berusaha mengadvokasi antara nelayan dengan pemerintah.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kominfo Sosialisasikan RKUHP di Unsoed Purwokerto

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:50 WIB

Jateng Optimistis: Siapkan Upaya Konkret Hadapi Resesi

Selasa, 6 Desember 2022 | 05:20 WIB
X