Klaster Rumah Tangga Meningkat Tajam, BIN Lanjutkan Vaksinasi <i>Door To Door</I>

- Rabu, 21 Juli 2021 | 18:46 WIB
Warga mengikuti vaksinasi dan menerima bansos dari BIN di Semarang, Jawa Tengah.(Foto Istimewa)
Warga mengikuti vaksinasi dan menerima bansos dari BIN di Semarang, Jawa Tengah.(Foto Istimewa)



SEMARANG, suaramerdeka.com - Percepatan vaksinasi terus dilakukan. Badan Intelijen Negara (BIN) telah menyiapkan 3.000 vaksin dan 3.000 bantuan sosial untuk pelajar SMP-SMA dan warga di wilayah Jawa Tengah. Lembaga tersebut menggunakan sistem door to door agar target kekebalan komunal cepat tercapai.

Kepala Badan Intelijen Negara, Jenderal Polisi (Purn) Prof Dr Budi Gunawan SH MSi saat melakukan peninjauan langsung pelaksanaan vaksinasi secara door to door, di Semarang, Rabu kemarin.

Vaksinasi door to door dilakukan di rumah tangga, karena klaster rumah tangga meningkat tajam, apalagi zona hitam, seperti Jawa Tengah (Jateng).

Baca Juga: BST Cair, Mekanisme Penyaluran Bansos Digodog

Pertimbangannya, perumahan padat penduduk dan masih minim terjangkau program vaksinasi karena keterbatasan akses mereka dan pemberlakuan PPKM Darurat. Mereka takut keluar rumah untuk mengatasi atau mendatangi kerumunan.

BIN mengadopsi sistem door to door ini dari beberapa negara, seperti di Afrika, Jorgia, Eropa, Philipina, termasuk Amerika Serikat. Ternyata program tersebut paling efektif, bisa menjangkau sampai 59 -70 persen masyarakat secara keseluruhan di negara masing-masing. Diharapkan hal ini juga terjadi di Indonesia.

''Hari ini, kami turun di Jawa Tengah, seperti sebelumnya di Jawa Barat dan Baten yang juga serentak di lima provinsi lainnya, yaitu Jawa Barat, Banten, Kalimantan Timur, Riau, dan Sulawesi Selatan. Semuanya merupakan daerah spot merah, tapi angka vaksinasi masih minim,'' jelas Budi Gunawan.

Baca Juga: Tabung Oksigen Palsu Beredar Ancaman Bagi Pasien Corona

Harus Proaktif

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Korupsi Parkir ABA Malioboro Segera Disidangkan

Kamis, 5 Agustus 2021 | 18:52 WIB

DPRD Setujui Raperda RPJMD 2021-2026 dengan Catatan

Kamis, 5 Agustus 2021 | 16:15 WIB

IKM Sleman Galang Donasi bagi Tim Pemulasaraan

Kamis, 5 Agustus 2021 | 14:34 WIB

Efisiensi, Seluruh Kendaraan Dinas Pakai Pertamax

Kamis, 5 Agustus 2021 | 11:44 WIB
X