PPKM Darurat Diperpanjang, Ganjar: Pastikan Bansos untuk Rakyat Dikeluarkan

- Rabu, 21 Juli 2021 | 14:38 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (suaramerdeka.com/dok)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (suaramerdeka.com/dok)


SEMARANG, suaramerdeka.com – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta semua pihak memastikan bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat tersalurkan. Hal ini menyusul keputusan pemerintah memperpanjang PPKM Darurat hingga 25 Juli nanti.

“Karena keputusannya sudah diperpanjang, yang mesti dilakukan adalah bansosnya dikeluarkan. Tidak hanya yang bersumber dari APBN maupun APBD, bantuan sumber lain juga harus disalurkan,” kata Ganjar, Rabu (21/7).

Ganjar tak menampik keputusan perpanjangan PPKM Darurat dirasa memberatkan masyarakat. Makanya agar ringan, bantuan-bantuan harus diberikan.

Baca Juga: Pemerintah Gunakan Istilah Baru, PPKM Level 1-4, Menkes: Pedoman WHO jadi Acuan

“Kan hanya ada dua kemungkinan, diperpanjang apa tidak. Kalau diperpanjang bansosnya harus keluar agar masyarakat tenang. Tapi kalau tidak diperpanjang, kita mesti menghitung kondisi rumah sakit yang faktanya sekarang rumah sakit, tenaga kesehatan, oksigen semuanya repot,” imbuhnya.

Untuk itu Ganjar meminta, seluruh bupati/wali kota segera mengeluarkan bantuan sosial untuk meringankan beban masyarakat. Sumber lain seperti CSR, Baznas dan lainnya, harus dipastikan tersalurkan.

“Kita punya gerakan ASN jajan untuk membantu UKM. Ayo dilaksanakan. Pastikan bantuan dari pusat, dari provinsi maupun kabupaten/ kota dikeluarkan hari ini. Karena keputusannya sudah jelas diperpanjang, maka bantuan keluarkan semuanya,” terangnya.

Baca Juga: PPKM Darurat Diperpanjang, Muhammadiyah Mendukung Jika untuk kebaikan Bersama

Ganjar menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait bantuan-bantuan yang akan diberikan. Hal itu untuk memastikan, bantuan disalurkan tepat pada sasaran.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penutupan 27 Exit Tol di Jateng Diperpanjang

Sabtu, 24 Juli 2021 | 00:30 WIB

Zuber Safawi Pendiri PKS Jawa Tengah Berpulang

Kamis, 22 Juli 2021 | 20:43 WIB
X