PPKM Diperpanjang, PKL Malioboro Belum Boleh Berjualan: Kami Minta Toleransi

- Rabu, 21 Juli 2021 | 14:08 WIB
Suasana lengang tampak di sektor utara pedestrian Malioboro pada penerapan PPKM Darurat hari pertama, Sabtu (3/7). (Suaramerdeka.com/dok)
Suasana lengang tampak di sektor utara pedestrian Malioboro pada penerapan PPKM Darurat hari pertama, Sabtu (3/7). (Suaramerdeka.com/dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah pusat memutuskan memperpanjang pelaksanaan PPKM Darurat sampai dengan 25 Juli 2021. Pemda DIY telah menindaklanjuti keputusan pusat itu dengan menerbitkan Instruksi Gubernur Nomer 19 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 Covid-19.

Meski sekarang istilahnya diubah menjadi PPKM Berlevel, aturan yang tertuang didalamnya masih sama dengan PPKM Darurat.

"Tiga wilayah di DIY yaitu Sleman, Bantul, dan Kota Yogyakarta masuk kriteria level 4 sedangkan Gunungkidul dan Kulon Progo berada di level tiga. Tapi secara prinsip, perlakuan pada kedua level itu sama dengan kondisi PPKM Darurat," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji, Rabu (21/7).

Baca Juga: Komunitas Tionghoa Semarang Bantu 1.500 Paket Sembako untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Sesuai pernyataan Presiden Joko Widodo, PPKM Darurat baru akan dibuka bertahap pada 26 Juli 2021 jika tren kasus menurun. Karena itu aturan PPKM Darurat tetap berlaku pula sekarang, termasuk belum diperbolehkannya sektor non esensial beroperasi.

Sebelumnya, ribuan pedagang kaki lima (PKL) Malioboro yang tergabung Komunitas Kawasan Malioboro meminta pemerintah agar mengizinkan mereka berjualan lagi setelah tanggal 20 Juli 2021. Namun ditegaskan Aji, kawasan Malioboro baru akan dibuka tanggal 26 Juli mendatang.

"Kalau kita melihat Instruksi Mendagri, mestinya Pemkot Yogyakarta akan membuka Malioboro pada tanggal 26 Juli nanti," kata Aji.

Baca Juga: Pemuda di Pekalongan Aksi Peduli Tabung Oksigen untuk Isoman Covid-19

Ketua Paguyuban Pedagang Lesehan Malioboro (PPLM) Desio Hartonowati mengatakan, aturan PPKM Darurat sangat memberatkan pedagang kaki lima (PKL). Sejak adanya kebijakan tersebut, para PKL di kawasan Malioboro terpaksa tidak berjualan sehingga otomatis penghasilan mereka terhenti.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesta Miras di Cepu Memakan Korban, 5 Orang Tewas

Kamis, 20 Januari 2022 | 08:48 WIB
X