Mau Kambing 'Ndaging' dan Empuk? Silangan Kambing Boer dan PE jadi Pilihan Tepat

- Senin, 19 Juli 2021 | 16:07 WIB
Agus Sriyono dan kambing jenis barunya (Foto Istimewa)
Agus Sriyono dan kambing jenis barunya (Foto Istimewa)

 

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Permintaan daging kambing cukup banyak karena industri rumahan sate, tongseng, gulai juga tersebar di mana-mana. Sayangnya, susah memilih kambing yang benar-benar banyak dagingnya dan empuk.

Nah, menjawab kesulitan itu, peternak kambing di Sanden, Bantul, Agus Sriyono mencoba mengembangbiakan kambing asal Australia yang berjenis Boer. Kambing ini menghasilkan daging yang lebih banyak dibandingkan kambing-kambing biasa.

''Saya semula membeli kambing boer untuk kegiatan adik yang baru pulang dari Malaysia. Namun belum lama pulang sudah berangkat lagi ke sana sehingga saya yang memelihara kambing tersebut dan ternyata menyenangkan,'' tutur Agus.

Ia tak memiliki keinginan sama sekali menjadi peternak karena niatnya hanya memelihara. Kesibukannya sebagai Dukuh Babakan sudah sangat padat. Beberapa kambing dititipkan ke tetangga karena memang waktunya terbatas. Ia mulai serius melakukannya ketika memelihara jenis boer itu dan kini terus mengembangkannya.

Sangat Cepat

Menurut Agus, pertumbuhan kambing boer sangat cepat dibandingkan dengan kambing jenis lainnya. Selain itu, cepat tinggi dan gemuk sehingga sangat menguntungkan karena harga jual jadi tinggi. Ia menceritakan, bobot kambing 70 kilogram bisa menghasilkan daging hampir 40 kilogram dan ini tentu sangat menguntungkan.

Proses pengembangbiakan kambing boer tidak beda jauh dengan kambing pada umumnya. Bedanya, hasil lebih menguntungkan karena cepat gemuk. Warga yang mengetahui keuntungan memelihara jenis tersebut akhirnya tertarik dan ikut mengembangbiakan.

Tak sebatas itu, Agus juga mencoba menyilangkan antara kambing PE dengan kambing boer. Hasilnya, tidak sebesar kambing PE namun dagingnya lebih banyak dan empuk. Ia ingin warga dusun mewujudkan peternakan kambing jenis boer dan silangan yang sangat menguntungkan.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tembakau Musim 2021 Masih Belum Menguntungkan Petani

Sabtu, 27 November 2021 | 21:49 WIB

Gebrak Bayi, Tradisi Berkah Si Buah Hati

Jumat, 26 November 2021 | 22:28 WIB

Polres Pemalang Tangkap Pembuat dan Penjual Uang Palsu

Kamis, 25 November 2021 | 16:12 WIB
X