RPH Banyumas Hanya Mampu Potong Hewan Kurban 500 Ekor, Tenaga dan Waktu Terbatas

- Sabtu, 17 Juli 2021 | 12:40 WIB
Peternakan sapi. (suaramerdeka.com / dok)
Peternakan sapi. (suaramerdeka.com / dok)

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Kemampuan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Kabupaten Banyumas hanya sekitar 500 ekor. Hal ini seiring saran untuk memotong hewan kurban di RPH

''Sarannya pemotongan hewan kurban agar dilakukan di RPH.  Cuma RPH kami hanya mampu menampung sekitar 500 ekor.  Itu untuk kegiatan pemotongan yang berlangsung selama tiga hari,'' kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas, Sulistiono.

Jumlah tersebut untuk seluruh RPH di Kabupaten Banyumas yang berjumlah 6 RPH.  Keenam RPH ini antara lain RPH Cilongok, RPH Ajibarang, RPH Wangon, RPH Sokaraja, RPH Tambaksari Kidul dan RPH Sumpiuh.

Baca Juga: Kapal Nelayan Rusak Dihantam Ombak, Bupati Kebumen Janji Bantu Perbaikan

''RPH Tambaksari Kidul hanya mampu memotong hewan sekitar 30 ekor. Untuk RPH yang lainnya rata-rata 6-8 ekor,'' terang dia.

Padahal, lanjut dia, berdasarkan data tahun lalu, kebutuhan sapi yang siap dipotong untuk hewan kurban pada saat Idul Adha mencapai kurang lebih 5.500 ekor.  Tahun ini kemungkinan jumlahnya juga tidak jauh berbeda.

''Maka dari itu, kemungkinan pada Idul Adha tahun ini, banyak masyarakat yang melakukan pemotongan hewan kurban di lingkungannya sendiri,'' jelas dia.

Baca Juga: Ledakan Covid-19 Varian Delta di Indonesia Picu Vaksinasi Berbayar, Simak Penjelasan Mahfud MD

Sulistiono menambahkan, kegiatan pemotongan hewan kurban di RPH hanya berlangsung sampai pukul 11.00. 

''Aktivitas pemotongan di RPH dilakukan hanya sampai pukul 11.00. Kalau sampai pukul 12.00 terlalu kesiangan,'' ujarnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Uni Eropa Jajaki Investasi di Jateng

Rabu, 5 Oktober 2022 | 01:55 WIB
X