Polda DIY Siapkan 2 Shelter Isolasi untuk Anggota Terpapar Covid-19

- Jumat, 16 Juli 2021 | 15:50 WIB
Shelter Unisa. (suaramerdeka.com/Agung PW) (Agung PW)
Shelter Unisa. (suaramerdeka.com/Agung PW) (Agung PW)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Kepolisian Daerah (Polda) DIY menyediakan fasilitas isolasi bagi anggotanya yang terpapar Covid-19. Sampai saat ini sudah ada dua shelter yang disiapkan yakni Asrama Polairud di Parangtritis, Kretek, Bantul, dan Balai Pengembangan Kompetensi Kementerian PUPR Wilayah V di Jalan Ngeksigondo, Kotagede, Yogyakarta.

Selter Asrama Polairud mampu menampung 96 pasien, sedangkan selter terpadu di Ngeksigondo memiliki kapasitas 154 bed. Shelter terpadu ini diperuntukkan personel Polda DIY, dan Kementerian PUPR Wilayah V beserta anggota keluarga mereka yang menjalani isolasi.

"Kami tempatkan tenaga kesehatan sebanyak 15 personel terdiri dari dokter, perawat, dan apoteker serta tenaga lain. Disediakan pula ambulans dan layanan swab sehingga pasien tidak perlu pergi kemana-mana," kata Wakapolda DIY Brigjen Slamet Santoso saat peresmian shelter terpadu di Ngeksigondo, Jumat (16/7).

Baca Juga: Kontainer Swab PCR Percepat Testing Covid-19, Sehari Bisa Periksa 138 Sampel

Calon penghuni selter akan terlebih dulu diassesment oleh pihak RS Bhayangkara. Jika kondisinya hanya bergejala ringan maka bisa ditampung di shelter. Tapi jika masuk kategori sedang atau berat, pasien akan dirujuk ke rumah sakit.

Diungkapkan Wakapolda, penyediaan selter ini tidak lepas dari merebaknya kasus Covid-19. Berdasar data Dinas Kesehatan DIY per tanggal 15 Juli 2021 terdapat 24.253 kasus aktif.

Sedangkan kapasitas shelter sangat terbatas sehingga banyak pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah. Tercatat lebih dari 80 persen pasien Covid-19 di DIY saat ini menjalani prosedur isolasi mandiri.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO) Dwi Purwantoro mengatakan, ini adalah selter pertama yang dikerjasamakan oleh pihaknya dan Polda DIY.

"Jika diperlukan, kami masih punya satu lagi shelter. Semoga dengan ditempatkan di selter terpadu, pasien bisa merasa tenang sehingga mendukung proses kesembuhan," katanya.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2.358 Peserta Tes Berebut 100 Kuota CPNS Pemkab Kebumen

Sabtu, 25 September 2021 | 15:51 WIB

Belasan Kelompok Tani di Sleman Dibantu Alsintan

Jumat, 24 September 2021 | 14:49 WIB

BIN Door to Door Vaksin Warga Temanggung

Kamis, 23 September 2021 | 20:30 WIB
X