PPKM Darurat, Pemilihan Lurah di Sleman Diundur

- Kamis, 15 Juli 2021 | 18:14 WIB
Ilustrasi Pilkades 2021/istimewa
Ilustrasi Pilkades 2021/istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Seiring kebijakan PPKM Darurat, Pemerintah Kabupaten Sleman akan menyusun ulang skenario pemilihan lurah (Pilur) serentak tahun 2021.

Semula berdasar Keputusan Bupati Nomer 13.1/Kep.KDH/A/2021, Pilur secara e-voting di 35 kalurahan dijadwalkan pada 22 Agustus 2021.

Namun dengan adanya PPKM Darurat, pemungutan suara diundur menjadi tanggal 5 September 2021.

Jadwal itu pun masih bersifat tentatif menyesuaikan kebijakan pusat.

Baca Juga: Rekayasa Lalu Lintas Matang Jelang Penutupan Exit Tol, Kapolda Jateng: Kendaraan Angkut Sembako Boleh Melintas

"Semisal PPKM Darurat tidak diperpanjang, pungutan suara dilaksanakan tanggal 5 September dan pelantikan pada 15 September. Tapi jika diperpanjang, pelaksanaan Pilur akan ditunda sambil menunggu aturan dari pusat," kata Kabid Pengembangan Kelembagaan dan Aparatur Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Sleman Agung Endarto saat dikonfirmasi, Kamis (15/7).

Pada 5 Juli silam, Kemendagri telah mengeluarkan surat terkait penundaan tahapan pilkades yang berpotensi menimbulkan kerumunan selama masa PPKM Darurat. Tahapan yang ditunda meliputi pengambilan nomer urut, ujian tertulis, kampanye, pemungutan suara, dan pelantikan.

Adapun tahapan Pilur di Sleman saat ini adalah pembentukan KPPS. Pada Kamis (15/7) ini semestinya diadakan ujian tertulis untuk empat kalurahan yang jumlah calonnya lebih dari lima orang yaitu Trihanggo, Sendangadi, Margomulyo, dan Trimulyo.

Namun lantaran terbentur aturan PPKM Darurat, pelaksanaannya terpaksa diundur. Ujian tertulis rencananya baru akan digelar selang satu minggu setelah PPKM Darurat berakhir.

Baca Juga: Rekayasa Lalu Lintas Matang Jelang Penutupan Exit Tol, Kapolda Jateng: Kendaraan Angkut Sembako Boleh Melintas

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Etika Digital dalam Bermedia Cegah Turbulensi Politik

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:48 WIB
X