Warung Makan Take Away selama PPKM Darurat, Bupati Kudus: Jadi Sulit Genjot PAD

- Rabu, 14 Juli 2021 | 17:18 WIB
TUTUP USAHA : Pemilik warung di Pusat Kuliner Taman Bojana Kudus tutup usaha selama pemberlakukan PPKM Darurat. (suaramerdeka.com/Saiful Annas)
TUTUP USAHA : Pemilik warung di Pusat Kuliner Taman Bojana Kudus tutup usaha selama pemberlakukan PPKM Darurat. (suaramerdeka.com/Saiful Annas)

KUDUS, suaramerdeka.com – Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat tak hanya menyulitkan usaha warga. Pendapatan daerah dari sektor Pendapatan Asli daerah (PAD) juga seret akibat kebijakan ini.

Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus Eko Djumartono mengatakan, PAD yang dikumpulkan oleh Pemkab Kudus masih jauh dari target yang ditetapkan.

“Target PAD tahun ini ditetapkan sebesar Rp 1,9 triliun. Hingga saat ini baru terealisasi sebesa Rp 979 miliar atau sekitar 49,38 persen,” katanya, Rabu (14/7).

Baca Juga: Usai Dioyak-oyak Risma, Setengah Pegawai Balai Wyata Guna Perkuat Dapur Umum, Target Terkejar

Sumber PAD Kabupaten Kudus berasal dari pajak daerah, retribusi daerah, dan hasil pengelolaan kekayaan daerah. Pemkab Kudus juga mengumpulkan pendapatan dari lain-lain PAD yang sah.

“Untuk pos lain-lain PAD yang sah juga baru terealisasi 41,94 persen. Dari target sebesar Rp 358,8 miliar, kami baru mendapatkan sebesar Rp 150,4 miliar.

Eko mengatakan, seretnya PAD ini disebabkan kebijakan PPKM Darurat. Ia mencontohkan, pendapatan dari pajak maupun retribusi daerah dari hotel dan restoran juga terjun bebas akibat sepinya pengunjung hotel dan restoran.

“Hotel dan restoran sepi selama PPKM Darurat. Untuk operasional mereka sendiri saja sulit, apalagi untuk membayar pajak,” katanya.

Baca Juga: Singapura Segera Tambah Bantuan 24 Unit Iso Tank dan 11 Ribu Liquid Oxygen ke Indonesia

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2.358 Peserta Tes Berebut 100 Kuota CPNS Pemkab Kebumen

Sabtu, 25 September 2021 | 15:51 WIB

Belasan Kelompok Tani di Sleman Dibantu Alsintan

Jumat, 24 September 2021 | 14:49 WIB

BIN Door to Door Vaksin Warga Temanggung

Kamis, 23 September 2021 | 20:30 WIB
X