27 Exit Tol Jateng Ditutup, Begini Penjelasan Pakar Transportasi Djoko Setijowarno

- Selasa, 13 Juli 2021 | 18:58 WIB
Aparat Polda Jateng saat melakukan pemeriksaan kepada pengemudi kendaraan di gerbang tol Ungaran, Kabupaten Semarang. suaramerdeka.com/dok
Aparat Polda Jateng saat melakukan pemeriksaan kepada pengemudi kendaraan di gerbang tol Ungaran, Kabupaten Semarang. suaramerdeka.com/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pakar Transportasi, Djoko Setijowarno, menyampaikan, tujuan diberlakukan penutupan seluruh akses menuju dan keluar Jawa Tengah termasuk 27 pintu tol pada 16 Juli hingga 22 Juli 2021, dalam rangka untuk mengurangi mobilitas orang.

Usaha penutupan akses jalan tersebut dalam rangka pencegahan penyebarluasan pandemi Covid-19.

"Awalnya penerapan protokol kesehatan (Prokes) hanya berlaku untuk mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan memakai hand sanitizer saja. Namun, sejak adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) maka ada tambahan agar mengurangi kerumunan dan mobilitas masyarakat," ujarnya.

"Semua itu dalam rangka memutus rantai penularan virus Covid-19," imbuhnya.

Baca Juga: Alhamdulillah, Grobogan Keluar Zona Merah, Total 4766 Pasien Sembuh

Meskipun begitu, pakar asal Unika Soegijapranata tersebut mengatakan jika kendaraan masih bisa melintas bagi pengangkutan kegiatan logistik, obat-obatan, vitamin, buah-buahan, dan aktivitas kegawatdaruratan.

Pemberlakuan penutupan akses ini, juga dilangsungkan di wilayah Jabodetabek. Bahkan, pada saat angka Covid-19 masih tinggi di wilayah Kudus, kondisi serupa juga diterapkan di sana.

Djoko menambahkan, jika keberadaan tempat-tempat pelayanan vital masih diperbolehkan untuk buka.

Baca Juga: Penyekatan di Tol Gandulan Pemalang, Pengendara Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin

Misalnya saja seperti PMI yang harus memenuhi kebutuhan darah maupun bagi donor konvaselen, dan rumah sakit bagi perawatan pasien. Khususnya merawat orang-orang yang positif Covid-19.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Pesta Miras di Cepu Memakan Korban, 5 Orang Tewas

Kamis, 20 Januari 2022 | 08:48 WIB
X