Gerakan Sedekah Rombongan : Antar Jemput Pasien Duafa, Sediakan Rumah Singgah Gratis

- Selasa, 13 Juli 2021 | 15:33 WIB
 MOBIL DHUAFA : Mobil ambulans milik Gerakan Sedekah Rombongan Rembang, menjadi satu-satunya kendaraan yang harus mengcover pelayanan untuk pasien dhuafa dampingan. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)
MOBIL DHUAFA : Mobil ambulans milik Gerakan Sedekah Rombongan Rembang, menjadi satu-satunya kendaraan yang harus mengcover pelayanan untuk pasien dhuafa dampingan. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka.com – Tidak banyak komunitas sosial di luar pemerintahan yang rela mendermakan tenaga, pikiran, dan financial untuk kalangan kurang mampu atau dhuafa. Jika ada, salah satunya adalah Gerakan Sedekah Rombongan.

Di Rembang, gerakan yang berfokus pada bantuan pendampingan dan pengantaran pasien dhuafa menggunakan ambulans gratis itu belakangan makin berkembang, dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Berawal dari 2011, gerakan ini berdiri yang merupakan koneksi dari gerakan yang sama berpusat di Yogyakarta. Gerakan ini terus berkembang sejak 2013 dan semakin masif sampai pertengahan 2021. Saat ini masih ada 10 pasien dampingan yang tersebar di 8 kecamatan, dan sebagian adalah anak-anak.

Baca Juga: 18 Pasien Isoman di Sleman dalam Sehari Meninggal, Krisis Oksigen Diduga jadi Penyebabnya

Gerakan Sedekah Rombongan, menggunakan sarana ambulans yang diberi nama Mobil Tanggap Sdekah Rombongan (MTSR) untuk menjalankan programnya. Ada beberapa layanan yang selama ini diberikan untuk masyarakat.

Pertama adalah layanan antar dan jemput pasien yang masuk kategori dampingan. Mereka yang menjadi pasien dampingan mendapatkan fasilitas pengobatan, serta operasi dan kontrol gratis. Pasien yang masuk kategori dampingan adalah kalangan dhuafa.

Ada sejumlah syarat bagi pasien agar masuk kategori dampingan. Syarat itu antara lain adalah memiliki BPJS Kesehatan, bukan penyakit menular, usia produktif kurang dari 60 tahun, dan bersedia dilakukan survei.

Baca Juga: Obat Gratis untuk Pasien Covid-19 Segera Dibagikan, Ganjar: Ayo yang Isolasi Mandiri Segera Lapor!

“Pasien dhuafa dampingan kami berikan layanan transportasi gratis, dana santunan di luar biaya BPJS, seperti akomodasi keluaraga yang menunggu di rumah sakit. Daftar obat di luar BPJS dan biaya pemakaman juga kami berikan,” terang Koordinator Kabupaten Gerakan Sedekah Rombongan Rembang, Achmad Rif’an.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gelar Haul Gus Dur, PKB dan NU Cilacap Berkolaborasi

Kamis, 13 Januari 2022 | 11:48 WIB
X