Angka Kematian dan Kesembuhan Menggembirakan selama PPKM Darurat, Ganjar: Sampel WGS Tunjukkan Varian Delta

- Senin, 12 Juli 2021 | 19:05 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo/Foto Jatengprov.go.id
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo/Foto Jatengprov.go.id

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mencatat berkat adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang diberlakukan sejak 3 Juli 2021, terjadi penurunan angka kematian Case Fatality Rate (CFR) dan peningkatan Recovery Rate atau angka kesembuhan.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo mengatakan, saat ini terjadi penurunan angka CFR dibanding minggu sebelumnya.

“Terjadi penurunan CFR dari 6,36 persen menjadi 6,18 persen. Lalu, recovery rate atau angka kesembuhannya meningkat, dari 85 persen menjadi 85,19 persen,” kata Yulianto usai Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19, di kompleks kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang, Senin 12 Juli 2021.

Yulianto mencontohkan, di Kabupaten Kudus terjadi penurunan kasus dari minggu ke minggu.

Baca Juga: Isolasi Mandiri, Begini Tips Kelola Sampah Infeksius Covid-19

“Ini cukup menggembirakan. Moga-moga, kabupaten dan kota yang lain juga mengalami suatu perbaikan penurunan kasus, penurunan jumlah kematian,” harap Yulianto.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyatakan, adanya PPKM darurat telah berimbas pada penurunan kasus.

Kendati terjadi penurunan kasus, Ganjar menegaskan agar masyarakat tetap mengurangi tingkat mobilitas. Karena sampel dari whole genome sequence (WGS) menyatakan kebanyakan dari sampel yang dikirim menunjukkan varian delta.

“Asal sampelnya di Kudus ada 72 di antara itu varian deltanya 62 (sampel), Salatiga ada enam (sampel), dengan varian deltanya lima (sampel), Jepara tiga sampel dan semuanya varian delta, Grobogan ada dua sampel dan delta semua, Kota Magelang ada tiga sampel dan semuanya delta, Karanganyar ada tiga sampel dan semuanya delta, serta Solo ada 16 sampel dan semuanya delta,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jelajah Wisata Jawa Tengah Lewat Mubeng Jateng

Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:16 WIB

Potensi Zakat Penghasilan ASN di Kebumen Rp 24 Miliar

Kamis, 14 Oktober 2021 | 20:17 WIB

202 Pekerja di Sleman di-PHK Terdampak Pandemi

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:25 WIB
X