Anggaran JPS Banyumas Rp 3 Miliar, Siapa yang Bisa Mendapatkannya?

- Senin, 12 Juli 2021 | 14:56 WIB
Ilustrasi bantuan jaring pengaman sosial (JPS)./pikiran-rakyat
Ilustrasi bantuan jaring pengaman sosial (JPS)./pikiran-rakyat

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Pemerintah Kabupaten Banyumas menganggarkan bantuan jaring pengaman sosial (JPS) untuk warga masyarakat yang terdampak kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat sebesar Rp 3 miliar.

Saat ini, data warga yang mengajukan permohonan JPS secara daring melalui jpsbms.banyumaskab.go.id sampai Senin 12 Juli 2021 lebih dari 30 ribu orang.

"Kami sekarang sedang memverifikasi sekitar 10 ribu data yang sudah diunduh dari server. Kami memverifikasi bersama desa," kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Banyumas, Widarso kepada wartawan.

Baca Juga: Apresiasi Alih Fungsi Asrama Haji Jadi RSDC, DPR Ingatkan Tak Abai Prokes: Negara sudah Pontang-Panting

Menurut dia, pemerintah kabupaten melibatkan desa agar proses verifikasi agar lebih teliti. Ini juga untuk menghindari kemungkinan adanya data ganda dari pemohon.

"Kami perlu verifikasi dengan desa, si A si B nya bagaimana menurut desa. Kami khawatir ada yang lolos dari aplikasi, mbok ada satu orang menerima dua misalnya," kata dia.

Dia menjelaskan untuk kuota bantuan JPS menyesuaikan dengan anggaran. Anggaran yang ada hanya untuk 15 ribu orang. Masing-masing penerima manfaat akan menerima JPS sebesar Rp 200 ribu.

"Kalau datanya lebih dari itu yang memenuhi persyaratan akan kami laporkan lagi ke pimpinan. Apakah ada kebijakan untuk selanjutnya. Kalau anggarannya ada apakah sisanya bisa kami berikan atau bagaimana. Itu kami menunggu kebijakan dari pimpinan," kata Widarso.

Baca Juga: PPKM Darurat, Harga Barang dan Jasa di Jawa Tengah Masih Terkendali

Sementara itu, untuk bantuan lainnya, kata Widarso, dari Bulog menginformasikan bulan Juli 2021 akan mendistribusikan beras program keluarga harapan (PKH) sebanyak 1700 ton.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

PKS: Kitab Kuning Pondasi Pembangunan Peradaban

Senin, 6 Desember 2021 | 12:03 WIB

Komunitas Save Pekalongan Bantu Warga Terdampak Rob

Senin, 6 Desember 2021 | 09:12 WIB

Gading Paradise, Hadirkan Miniatur Eropa di Kebumen

Minggu, 5 Desember 2021 | 11:14 WIB
X