Terdampak Pandemi Corona, Separo PKL di Jogja Tutup Lapak

- Minggu, 11 Juli 2021 | 18:17 WIB
Aktivitas masyarakat dan PKL di kawasan Alun-Alun Karanganyar akan ditutup pada 3-20 Juli, pada saat penerapan PPKM Darurat.  (SMSolo/Irfan Salafudin)
Aktivitas masyarakat dan PKL di kawasan Alun-Alun Karanganyar akan ditutup pada 3-20 Juli, pada saat penerapan PPKM Darurat. (SMSolo/Irfan Salafudin)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Pedagang kaki lima (PKL) sangat merasakan dampak dari penerapan PPKM Darurat. Sekitar 50 persen dari PKL yang tergabung dalam Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) DIY terpaksa menutup sementara usaha mereka.

Bahkan sebagian menyatakan tidak tahu kapan akan kembali buka lantaran sudah kehabisan modal.

"Kondisi kami sekarang sangat terpuruk. Tidak sekedar nihil omset tapi sudah taraf minus," kata Ketua APKLI DIY Mukhlas Madani, Minggu (11/7).

Baca Juga: Mulai Besok 12 Juli, Singapura Batasi Kunjungan Wisatawan dari Indonesia

Anggota AKPLI DIY berjumlah 20.000 pedagang. Selama pandemi, jumlahnya berkurang karena banyak pedagang yang tidak berjualan.

Contohnya di kawasan Malioboro. Di masa PPKM Darurat, sekitar 2.000 PKL harus tutup lapak. Pedagang tidak dapat berkutik terlebih dengan adanya pemadaman lampu taman Malioboro saat malam hari.

Sementara, alternatif berjualan dengan sistem drive thru tidak semudah yang dibayangkan.

"Tidak semua pedagang bisa menerapkan drive thru. Contoh di Malioboro, yang dijual adalah view dan situasi tempat wisatanya, bukan hanya makanannya," kata Mukhlas.

Baca Juga: #PrayFromHome Ikhtiar Luar Biasa, Rektor UIN Walisongo: Tuhan yang Membuat Penyakit Pasti juga Memberi Obat

Persoalan sama dihadapi PKL di Gunungkidul dan Bantul yang juga mengandalkan sektor pariwisata. Sekitar 70-80 pedagang tidak bisa berjualan hingga kebijakan PPKM Darurat dicabut.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Ribuan Kader Kesehatan di Sleman Disuntik Booster

Selasa, 30 November 2021 | 13:27 WIB

Hari Naas dan Hari Keberuntungan Selasa Kliwon

Selasa, 30 November 2021 | 10:37 WIB
X