RSJ Rawat Belasan ODGJ Terkonfirmasi Positif Covid-19, Diduga Terpapar dari Klaster Keluarga

- Jumat, 9 Juli 2021 | 17:07 WIB
GANGGUAN JIWA: Sejumlah orang dengan gangguan jiwa dirantai di kamar sebuah pondok penampungan di Desa Winong, Kecamatan Mirit, Kebumen. (suaramerdeka.com/Supriyanto)
GANGGUAN JIWA: Sejumlah orang dengan gangguan jiwa dirantai di kamar sebuah pondok penampungan di Desa Winong, Kecamatan Mirit, Kebumen. (suaramerdeka.com/Supriyanto)

MAGELANG, suaramerdeka.com - RSJ Prof Dr Soerojo Magelang merawat belasan Orang Dalam Ganggguan Jiwa (ODGJ) yang dikonfirmasi positif Covid-19. Mereka dirawat di bangsal khusus yang berbeda dari pasien umum agar lebih nyaman dan tenang.

"Mereka diantar oleh keluarga masing-masing dengan gejala ringan hingga sedang," ujar Direktur Utama RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, dr Eniarti, Jumat (9/7).

Dia menjelaskan, mereka ini diduga terpapar dari Klaster keluarga, bukan klaster rumah sakit. Rata-rata saat tiba di rumah sakit, mereka sudah mengalami gejala ringan sampai sedang. Perawatan terhadap mereka tidak jauh berbeda dari pasien umum. Selain ditangani secara medis, mereka juga didampingi psikolog dan pskiater untuk memantau sisi kejiwaan atau mental mereka.

Baca Juga: SE Menag Terkait Ibadah di Rumah selama PPKM Darurat Kurang Tegas

"Pasien berhak mendapat pendampingan psikolog dan psikiater, bukan hanya pasien ODGJ tapi juga yang umum. Pasien sakit juga disebabkan karena mental, kecemasan yang berlebihan, dan lainnya," katanya.

Eniarti mengutarakan, RSJ ini memang pusat pelayanan medis dan kejiwaan, sehingga seluruh pasien harus mendapatkan fasilitas tersebut.

"Kami lakukan interaksi dengan sahabat jiwa kami, bukan malah dijauhi," tandasnya.

Ia menambahkan, RSJ Prof Dr Soerojo telah ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan lini 2 penanganan Covid-19 sejak Maret 2020 lalu, atau sejak awal pandemi Covid-19. Oleh karena itu, sebanyak 40 persen kapasitas rumah sakit dikonversi menjadi pelayanan Covid-19, mulai dari bangsal, tenaga medis, peralatan medis, obat-obatan dan lainnya.

Baca Juga: Pasangan Seniman Magelang Ikuti Ekshibisi Kartun se-Asia Tenggara

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X