Permintaan Meningkat, Tim Pengurusan Jenazah Covid-19 Perlu Ditambah

- Kamis, 8 Juli 2021 | 20:56 WIB
Tim pengubur jenazah dari personel Sabhara Polres Kudus memakamkan seorang warga yang meninggal karena terpapar Covid-19 di Desa Medini Kecamatan Undaan, Kudus. (dok Polres Kudus ) (b01m)
Tim pengubur jenazah dari personel Sabhara Polres Kudus memakamkan seorang warga yang meninggal karena terpapar Covid-19 di Desa Medini Kecamatan Undaan, Kudus. (dok Polres Kudus ) (b01m)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Kematian akibat Covid-19 masih terus terjadi. Petugas pemulasaran dan pemakanan makin sibuk sehingga perlu penambahan personil.

Pemerintah Kabupaten Bantul berusaha mengatasi kondisi tersebut dengan menambah sukarelawan pemulasaran dan pemakaman jenazah sesuai prosedur Covid-19.

''Kami sedang menyiapkan tambahan tim pemulasaran dan pemakaman jenazah supaya tim yang ada tidak lagi kedodoran melakukan pelayanan. Unsur yang terlibat antara lain dari dari FPRB, Tagana atau potensi sukarelawan lainnya,'' tandas Kepala Satpol PP Pemkab Bantul, Yulias Suharta.

Baca Juga: Kemenkes Keluarkan Rp17,1 Triliun Bayar Klaim Pelayanan Covid-19, Terbanyak Rumah Sakit Swasta

Saat ini tim pemulasaran dan pemakaman dari Satpol PP hanya ada dua tim sehingga sangat padat mengurus jenazah. Setiap regu berisi sepuluh personil dan sangat kurang.

Pelayanan dan pengurusan jenazah harus cepat, sehingga memerlukan tambahan. Ia menceritakan dalam sehari timnya bisa memperleh tiga kali pengurusan jenazah sesuai protokol Covid-19.

Ia mengakui tidak mudah membentuk tim baru pemulasaran dan pemakaman jenazah. Sukarelawan harus mendapat pelatihan karena mengurus jenazah Covid-19 berbeda dengan mengurus jenazah biasa. Kendati demikian ia optimistis akan mendapat orang-orang terbaik yang bersedia membantu mereka yang sedang kesusahan.

Baca Juga: Ruhut Pertanyakan Konferensi Pers Tanpa Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie, Polda Metro Jaya Beri Alasan

Terjadi Peningkatan

Tim tersebut perlu ditambah karena akhir-akhir ini terjadi peningkatan permintaan pengurusan jenazah sesuai protokol Covid-19. Anggota Sar Satlinmas Wilayah III, Bantul, Henry juga mengatakan hal yang sama.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X