Pemkab Banyumas Siapkan Bantuan JPS untuk Warga Terdampak PPKM Darurat

- Rabu, 7 Juli 2021 | 15:16 WIB
Bupati Banyumas, Achmad Husein. (SM/dok)
Bupati Banyumas, Achmad Husein. (SM/dok)

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Pemerintah Kabupaten Banyumas kini menyiapkan bantuan jaring pengaman sosial (JPS) untuk warga masyarakat yang terdampak kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Menurut Bupati Banyumas, Achmad Husein, adanya kebijakan pemerintah PPKM Darurat mulai dari tanggal 3-20 Juli 2021 menimbulkan dampak langsung bagi masyarakat.

Seperti para pekerja, buruh harian, para pengusaha yang kegiatannya ditutup. Begitu juga ada pegiat seni budaya, pariwisata, olahraga, tata boga dan lain-lain.

Baca Juga: Masa PPKM Darurat, Vaksinasi Ditarget Capai 1,5 Juta Dosis Per Hari di Juli-Agustus 2021

Terkait dengan dampak tersebut, pemerintah akan memperhatikan nasib mereka dengan memberikan bantuan yang besarannya disesuaikan dengan kemampuan anggaran pemerintah daerah.

"Sehingga paling lambat 13 Juli 2021, kami pemerintah kabupaten akan melaunching pendaftaran bagi masyarakat yang terdampak akibat adanya kebijakan ini untuk menerima bantuan. Besarannya sedang kami hitung sesuai dengan kondisi keuangan pemerintah kabupaten. Namanya Jaring Pengaman Sosial Banyumas," kata bupati Rabu, (7/7/2021) .

Dia mengatakan, untuk mempercepat pendaftaran JPS Banyumas akan dilakukan melalui aplikasi. Bagi masyarakat yang tidak paham aplikasi maka akan dibantu oleh pemerintah desa untuk mengusulkan bantuannya.

Baca Juga: UEFA Akan Undang Eriksen dan Tim Medis pada Final Piala Eropa 2020

Setelah masuk pendaftaran, Pemkab akan melakukan verifikasi. Bantuan ini untuk masyarakat menengah ke bawah.

"Bagi yang telah menerima bantuan reguler, seperti program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non tunai (BPNT), bantuan sosial tunai (BST) pusat maupun dana desa, maka tidak diperkenankan lagi menerima bantuan JPS Banyumas," katanya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

PKS: Kitab Kuning Pondasi Pembangunan Peradaban

Senin, 6 Desember 2021 | 12:03 WIB

Komunitas Save Pekalongan Bantu Warga Terdampak Rob

Senin, 6 Desember 2021 | 09:12 WIB

Gading Paradise, Hadirkan Miniatur Eropa di Kebumen

Minggu, 5 Desember 2021 | 11:14 WIB
X