Pemkot Beri Bantuan Tak Terduga Selama PPKM Darurat bagi Warga yang Jalani Isoman 

- Senin, 5 Juli 2021 | 16:21 WIB
BANTUAN: Warga yang menjalani isolasi mandiri menerima bantuan dari Pemkot Magelang yang bersumber dari BTT APBD Kota Magelang. (suaramerdeka.com/Asef Amani)
BANTUAN: Warga yang menjalani isolasi mandiri menerima bantuan dari Pemkot Magelang yang bersumber dari BTT APBD Kota Magelang. (suaramerdeka.com/Asef Amani)

MAGELANG, suaramerdeka.comPemkot Magelang menyalurkan bantuan pangan selama penerapan PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021. Hanya saja, bantuan tersebut hanya untuk warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono mengatakan, Pemkot mengalokasikan bantuan tak terduga (BTT) dari APBD Kota Magelang untuk penanganan Covid-19. Antara lain untuk insentif petugas kesehatan, relawan, dan bantuan sembako bagi mereka yang melakukan isoman.

BTT ini, dijelaskannya, untuk biaya masyarakat yang tengah menjalani isolasi terpusat di hotel. Untuk diketahui, dua hotel di Kota Magelang yakni Hotel Borobudur dan Hotel Safira dijadikan lokasi isolasi terpusat pasien orang tanpa gejala (OTG). Lalu ditambah asrama Poltekkes Semarang, di Magelang Utara juga dijadikan isolasi terpusat sementara untuk pasien tanpa gejala.

Baca Juga: Lawan Corona, Warga Teguhan Bangun Dusun Tangguh Covid-19

“Untuk yang OTG memang kita arahkan supaya masuk isolasi terpusat, karena pengawasannya jelas, ada tenaga kesehatan, dan asupan gizi juga diperhatikan sehingga mempercepat penyembuhan. Tapi bagi warga yang isolasi mandiri juga tidak kita larang, kita beri bantuan ke mereka,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang, Wulandari Wahyuningsih menambahkan, selama PPKM Darurat, pihaknya mengalokasikan bantuan sembako bagi masyarakat yang sedang menjalani isoman. Prosesnya tidak lama, bahkan kurang dari 24 jam bantuan bisa langsung disalurkan.

“Bantuan ini hanya bagi pelaku isoman dan keluarganya. Lurah kami minta melaporkan bila ada keluarga yang menjalani isoman kepada Dinsos. Tim kami yang stand by 24 jam akan langsung mengirimkan bantuan sembako ini. Prosesnya sangat cepat,” katanya.

Baca Juga: Wisatawan Nekat Datang, Petugas Tegas Minta Putar Balik

Dia menuturkan, setiap jiwa yang mendapatkan bantuan akan menerima 5 kg beras, 5 mi instan, kecap, minyak 1/2 kg, telur 1/2 kg. Bantuan dikirim melalui petugas Dinsos kepada Satgas Jogo Tonggo tingkat RW.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HUT Ke-76, PMI Sleman Siapkan Berbagai Inovasi

Sabtu, 18 September 2021 | 06:45 WIB

BPBD Kaji Risiko Kebencanaan Jelang Musim Penghujan

Jumat, 17 September 2021 | 16:28 WIB
X