Lawan Corona, Warga Teguhan Bangun Dusun Tangguh Covid-19

- Senin, 5 Juli 2021 | 15:49 WIB
Desinfeksi dan edukasi pada warga agar makin sadar menjalankan protokol kesehatan.(Foto Istimewa)
Desinfeksi dan edukasi pada warga agar makin sadar menjalankan protokol kesehatan.(Foto Istimewa)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Kasus Covid-19 terus meningkat dalam beberapa waktu terakhir ini. Dalam satu lokasi misal RT, RW atau dusun, puluhan orang terpapar.

Namun demikian, tidak boleh ada kata menyerah. Mereka harus bertahan dan melawan Covid-19 dengan pola hidup sehat, melakukan protokol kesehatan ketat.

Berawal dari banyaknya warga yang terpapar dan keinginan untuk hidup sehat, Dusun Teguhan, Kalitirto, Berbah, Sleman, berusaha mewujudkan desa tangguh Covid-19.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) membantu dengan melakukan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan bekerja sama dengan Brimob Polda DIY.

Baca Juga: PPKM Darurat, Sidang di Pengadilan Negeri Semarang Masih Digelar Tatap Muka

Dosen Farmasi UAD, Azis Ikhsanudin MSc Apt mengungkapkan data kasus Covid-19 di Dusun Teguhan meningkat drastis, dengan kasus lebih 30 warga terpapar. Karena itu, warga bergerak cepat dan bersinergi dengan tim penanganan dari pemerintah untuk menangani Covid-19.

''Warga segera melakukan desinfeksi sebagai tindakan preventif menekan laju penyebarannya. Sebanyak 20 personil Brimob juga terlibat aktif turun bersama masyarakat,'' ujar Azis.

Desinfeksi dilakukan dari RT 01 hingga RT 07 dengan prioritas di RT 04 dan fasilitas publik, seperti tempat ibadah, jalan, gedung pertemuan dan rumah warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Dukungan dari Brimob dan satgas memberikan motivasipositif bagi warga berjuang melawan corona.

Baca Juga: PPKM Darurat Efektif Dibarengi Kedisiplinan Masyarakat, Epidemiolog Undip: Perlu Sanksi Tegas Pelanggar Prokes

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X