Informasi Penutupan 'Lockdown' Pasar di Kota Pekalongan Hoaks, Begini Penjelasannya

- Jumat, 2 Juli 2021 | 17:02 WIB
Informasi penutupan pasar di Kota Pekalongan hoaks. SM/Jatengprov
Informasi penutupan pasar di Kota Pekalongan hoaks. SM/Jatengprov

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Informasi yang beredar di masyarakat Kota Pekalongan tentang penutupan (lockdown) pasar merupakan informasi tidak benar alias hoaks.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pasar dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima pada Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM) Deddy Setyawan, saat dikonfirmasi, Jumat 2 Juli 2021.

Ia menjelaskan, sesuai Instruksi Gubernur Jawa Tengah dan Surat Edaran (SE) Wali Kota Pekalongan, Pemerintah Kota Pekalongan hanya membatasi jam operasional pasar hingga pukul 14.00, untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Hal itu jauh lebih awal ketimbang yang tertera dalam Peraturan Daerah (Perda) sebelumnya, di mana pasar bisa dibuka hingga pukul 18.00 WIB.

Baca Juga: Kapolri Perintahkan Jajarannya Siapkan Strategi Penyekatan Saat PPKM Darurat

Namun demikian, seluruh pedagang dan pengunjung pasar harus tetap melaksanakan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.

Pihak pasar juga mesti melakukan penyemprotan disinfektan mulai 22 Juni sampai 5 Juli 2021.

“Memang kemarin waktu kita informasikan surat pemberitahuan tersebut kepada para pedagang, kami juga ditanya mereka apa benar untuk pasar akan di-lockdown. Kami sampaikan bahwa informasi tersebut tidak benar, di mana kami tidak akan me-lockdown pasar. Sesuai SE tersebut, sektor pasar masih diperbolehkan dibuka hanya sampai pukul 14.00, dan dilakukan penyemprotan disinfektan,” tegas Deddy.

Dia menjelaskan, penyemprotan disinfektan bisa dilakukan usai waktu operasional pasar, atau setelah pukul 14.00 WIB. Jadi, tidak harus dilakukan dengan meliburkan aktivitas pasar selama sehari.

Baca Juga: PPKM Darurat, Gus Yaqut: Shalat Idul Adha di Masjid Sementara Ditiadakan 

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: Pemprov Jateng

Tags

Terkini

BIN Door to Door Vaksin Warga Temanggung

Kamis, 23 September 2021 | 20:30 WIB

Guru PGSI Antusias Ikuti Program Perlindungan Sosial

Kamis, 23 September 2021 | 15:50 WIB
X