Pandemi Level 4, Kota Magelang Terapkan PPKM Darurat

- Jumat, 2 Juli 2021 | 15:30 WIB
Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz memimpin rapat koordinasi PPKM Darurat bersama Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) dan jajaran Pemkot Magelang di Aula Adipura Kencana. (SM/Dok)
Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz memimpin rapat koordinasi PPKM Darurat bersama Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) dan jajaran Pemkot Magelang di Aula Adipura Kencana. (SM/Dok)

MAGELANG, suaramerdeka.comPemkot Magelang menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3-20 Juli 2021.

Kebijakan ini berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri yang kemudian diterbitkan Surat Edaran terkait PPKM Darurat tingkat Kota Magelang.

Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz mengatakan, kebijakan ini ditentukan pemerintah pusat sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yang terus meningkat akhir-akhir ini.

Kota Magelang menjadi daerah yang harus menerapkan kebijakan itu karena masuk kriteria level situasi pandemi tertinggi atau level 4.

Baca Juga: Izin Darurat Vaksin Moderna Dikeluarkan, BPOM: Aman untuk Komorbid, Efikasi Capai 94,1%

“Kita ikuti kebijakan pusat ini, mungkin karena jumlah penduduknya sedikit, tapi angka kejadian banyak. Mudah-mudahan PPKM Darurat ini Kota Magelang bisa turun level, jadi level 2 sehingga bisa terjadi relaksasi,” ujarnya usai rapat koordinasi PPKM Darurat bersama Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) dan jajaran Pemkot Magelang di Aula Adipura Kencana, Jumat (2/07).

Dia menuturkan, sejumlah ketentuan wajib dijalankan, di antaranya toko yang menjual kebutuhan sehari-hari seperti supermarket, pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan dibatasi jam operasionalnya hingga pukul 20.00 WIB. Kapasitas pengunjung maksimal 50 persen.

“Toko kebutuhan pokok boleh buka sampai pukul 20.00. Sementara apotek dan toko obat tetap diizinkan membuka toko selama 24 jam," katanya.

Dalam aturan baru ini, mal, pusat perbelanjaan dan pusat perdagangan diharuskan tutup.

Baca Juga: Ki Manteb Sudharsono Diketahui Positif Covid-19 Sebelum Meninggal Dunia

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Ribuan Kader Kesehatan di Sleman Disuntik Booster

Selasa, 30 November 2021 | 13:27 WIB

Hari Naas dan Hari Keberuntungan Selasa Kliwon

Selasa, 30 November 2021 | 10:37 WIB

Libur Akhir Tahun, Destinasi Wisata di Sleman Tetap Buka

Minggu, 28 November 2021 | 15:57 WIB

Tembakau Musim 2021 Masih Belum Menguntungkan Petani

Sabtu, 27 November 2021 | 21:49 WIB
X