Stok Oksigen Menipis: Alhamdulillah, RSI Banjarnegara Dibantu Pedagang Ikan

- Kamis, 1 Juli 2021 | 18:20 WIB
TABUNG OKSIGEN: Karyawan RS Islam Banjarnegara menunjukkan tabung oksigen yang kosong di depan ruang isolasi pasien Covid-19.(suaramerdeka.com/Castro Suwito)
TABUNG OKSIGEN: Karyawan RS Islam Banjarnegara menunjukkan tabung oksigen yang kosong di depan ruang isolasi pasien Covid-19.(suaramerdeka.com/Castro Suwito)

BANJARNEGARA, suaramerdeka.com - Melonjaknya kasus Covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia mengakibatkan sejumlah rumah sakit kesulitan mendapatkan oksigen. Demi kemanusiaan, sejumlah pedagang ikan merelakan stok oksigen untuk kebutuhan rumah sakit.

“Selain kamar, kami sampai kehabisan stok oksigen karena jumlah pasien Covid-19 meningkat,” kata Direktur RS Islam Banjarnegara dr Agus Ujianto SpB.

Menurutnya, kebutuhan oksigen meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah pasien Covid-19 yang ditangani di RS Islam. Terutama, pasien yang mengalami gangguan pernapasan sehingga perlu dibantu oksigen dengan High Flow Nasal Cannula (HFNC).

“Kalau yang sakit biasa tidak masalah, tapi bagi yang sakit butuh tekanan itu sangat membutuhkan oksigen,” jelasnya.

Baca Juga: Langgar Aturan PPKM Darurat, Tempat Usaha Langsung Ditutup

Pihaknya bahkan berusaha mencari oksigen hingga ke daerah tetangga. Untungnya, sejumlah pedagang ikan di sentra budi daya ikan di Bajarnegara mengalah dengan merelakan kebutuhan oksigennya untuk RS Islam Banjarnegara.

“Demi kemanusiaan, mereka berjuang untuk kita. Bukannya berebut, tapi memang sama-sama membutuhkan. Mereka juga jadi sukarelawan dan ikut mencarikan oksigen,” katanya.

Dikatakan, kapasitas ruang isolasi sebanyak 50 tempat tidur untuk pasien Covid-19 sudah terisi penuh. Kebutuhan oksigen diutamakan bagi pasien yang mengalami sesak napas. Bahkan, kebutuhannya bisa mencapai 6 tabung volume 6 meter kubik per orang.

“Kalau pasien biasa, satu tabung bisa sampai dua hari,” paparnya.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesta Miras di Cepu Memakan Korban, 5 Orang Tewas

Kamis, 20 Januari 2022 | 08:48 WIB

Penduduk Miskin Jawa Tengah Turun 175,74 Ribu Orang

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:20 WIB

Polres Boyolali Musnahkan 300 knalpot Brong

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:57 WIB
X