Bea Cukai Kudus Amankan 132.000 Batang Rokok Ilegal, Kerugian Negara Rp150,9 juta Terselamatkan

Red
- Senin, 28 Juni 2021 | 15:49 WIB
Sebatang rokok. (pikiran-rakyat.com) (Amelia Hapsari)
Sebatang rokok. (pikiran-rakyat.com) (Amelia Hapsari)

KUDUS, suaramerdeka.com - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Kudus, Jawa Tengah berhasil menindak pelanggaran pita cukai rokok di Jepara denga mengamankan 132.000 batang rokok ilegal. Keberhasilan Bea Cukai Kudus ini pun menyelamatkan potensi kerugian negara sebesar Rp150,9 juta.

"Sementara nilai barang bukti sebanyak 132.000 batang rokok jenis sigaret kretek mesin (SKM) yang tidak dilekati pita cukai itu, berkisar Rp229,5 juta," kata Kepala KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus Gatot Sugeng Wibowo, di Kudus, Senin, seperti dikutip dari Antara.

Pengungkapan rokok ilegal tersebut, berawal ketika tim dari Bea Cukai Kudus memperoleh informasi dari masyarakat tentang adanya minibus yang diduga membawa rokok ilegal dari Jepara di Desa Brantak Sekarjati, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara.

Baca Juga: Dinkes Kota Semarang Imbau Pasien OTG untuk Isolasi Mandiri di Rumah

Lantas, kata dia, tim menindaklanjuti menuju lokasi yang disebutkan pada Jumat (25/6) sekitar pukul 01.00 WIB.

Hasilnya, tim berhasil mengamankan sarana pengangkut yang terparkir di depan sebuah gudang dan sedang dilakukan proses pemuatan rokok yang diduga ilegal. Kemudian petugas segera melakukan penindakan dan pemeriksaan lebih lanjut terhadap minibus dan gudang.

Dari hasil pemeriksaan, ditemukan rokok ilegal yang telah dikemas dan siap dikirim sebanyak 33 bal yang berisi 132.000 batang rokok jenis SKM tanpa dilekati pita cukai dan 7 karton berisi rokok batangan jenis SKM reguler sebanyak 93.000 batang.

Atas tindakannya itu, tiga orang pelaku yang berinisial KMN, IHS, dan MSA beserta barang bukti lainnya dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga: Vaksin Palsu di India: 2.000 Warga Disuntik Larutan Garam, 500 Lainnya Diberi AstraZeneca Abal-abal

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kikis Individualisme, Galakkan Nilai-Nilai Bung Karno

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:15 WIB

Peduli Lingkungan, Raih Penghargaan SDGs Awards

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:51 WIB
X