Buruh Migran Asal Cilacap Akhirnya Bisa Pulang Kampung, Sempat 6 Kali Jalani Operasi

- Kamis, 24 Juni 2021 | 08:24 WIB
BMI asal Cilacap, Arif Hidayat (tiga dari kanan) berada di rumahnya, Desa Planjan, Kecamatan Kesugihan, Selasa (22/6/2021) malam. (suaramerdeka.com/Teguh Hidayat Akbar)
BMI asal Cilacap, Arif Hidayat (tiga dari kanan) berada di rumahnya, Desa Planjan, Kecamatan Kesugihan, Selasa (22/6/2021) malam. (suaramerdeka.com/Teguh Hidayat Akbar)

CILACAP, suaramerdeka.com - Seorang buruh migran Indonesia (BMI) asal Cilacap, Arif Hidayat (32) akhirnya bisa pulang kampung pada Selasa (22/6/2021).

Sebelumnya dia menjalani pengobatan selama setengah tahun lebih akibat luka bakar serius yang dialami saat bekerja di Taiwan.

Arif merupakan warga Dusun Karangsari, Desa Planjan, Kecamatan Kesugihan, Cilacap. Ia berangkat kerja ke Taiwan sejak 2018 lalu menjadi tukang las atau welder.

Ia menceritakan, kecelakaan kerja dialami olehnya pada tanggal 16 Oktober 2020 lalu. Kejadian bermula ketika ia sedang mengelas dan mengecat pada sebuah cerobong.

Baca Juga: Guru di Banjarnegara Terkesima Metode Mengajar LKP Matematika Indonesia

Pekerjaan itu menggunakan tinner yang baunya sangat menyengat, hingga akhirnya dia tidak sadarkan diri.  Nahasnya cerobong terbakar hingga mengenai tubuhnya, mulai dari badan hingga bagian muka.

"Waktu itu, saya baru sadar saat berada di pinggir mobil, saat saya sudah dievakuasi," kata Arif ditemui di rumahnya.

Dia mendapatkan pertolongan pertama di lokasi kerja berupa obat-obatan tradisional Taiwan. Selanjutnya, ia dilarikan ke rumah sakit setempat untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Ia menjalani pengobatan dan perawatan di rumah sakit Taiwan selama dua bulan lebih, hingga akhirnya dibawa ke Indonesia. "Di rumah sakit (Taiwan) saya sempat koma sekitar setengah bulan," ujarnya.

Baca Juga: Menparekfraf Gandeng Inggris Pulihkan Ekonomi Wisata di Bali

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kominfo Sosialisasikan RKUHP di Unsoed Purwokerto

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:50 WIB

Jateng Optimistis: Siapkan Upaya Konkret Hadapi Resesi

Selasa, 6 Desember 2022 | 05:20 WIB
X