Wonogiri Realisasi Serapan Dana Desa Tertinggi

- Selasa, 22 Juni 2021 | 14:48 WIB
Kabupaten Wonogiri. Foto: dok. Pemkab Wonogiri
Kabupaten Wonogiri. Foto: dok. Pemkab Wonogiri

SEMARANG, suaramerdeka.com - Penyaluran dana desa tertinggi di Jateng diraih oleh Wonogiri yang realisasinya mencapai 74,3 persen.

Disusul Boyolali dengan realisasi 72,4 persen dan kabupaten Semarang di urutan ketiga dengan realisasi 69,8 persen.

Realisasi penyaluran dana desa dari rekening kas umum negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) di Jawa Tengah per 19 Juni 2021 mencapai Rp 3,6 triliun atau 43,65 persen.

Baca Juga: Kunjungan Pusat Belanja Diprediksi hanya 10 Persen, PPKM Mikro harus Terapkan Prokes Disiplin dan Konsisten

Dari nilai penyaluran dana desa tersebut sebanyak Rp 697 miliar diperuntukkan sebagai BLT.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Midden Sihombing mengatakan, alokasi dana desa di Jateng tahun 2021 mengalami kenaikan dari tahun lalu dan tertinggi secara nasional mencapai Rp 8,2 triliun atau 11 persen dari alokasi nasional senilai Rp 72 triliun.

''Di triwulan I-2021 penyalurannya mengalami peningkatan dibanding periode yang sama tahun lalu. Terdapat 8 desa mandiri yang telah salur 100 persen Dana Desa non BLT,'' ujar Midden, hari ini.

Baca Juga: Sejumlah Anggota Positif Covid, PWI Jateng Ingatkan Kepedulian dan Disiplin Prokes

Ditambahkan, dari realisasi dana desa sekitar Rp 3,5 triliun, Pemda baru melaporkan penggunaan dana desa pada aplikasi OM SPAN senilai Rp 1,8 triliun.

''Kemungkinan besar yang sudah direalisasikan lebih besar karena konsolidasi data dari tingkat desa sampai ke kabupaten memerlukan waktu,'' kata Midden.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

X