Geruduk Kantor Gubernur Tolak Rencana Pertambangan Batuan Andesit, Ini 6 Pernyataan Sikap Warga Wadas

- Senin, 21 Juni 2021 | 19:35 WIB
Warga Wadas geruduk Kantor Gubernur, tolak rencana penambangan batu andesit (suaramerdeka.com/dok)
Warga Wadas geruduk Kantor Gubernur, tolak rencana penambangan batu andesit (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Warga Wadas, Purworejo menggeruduk Kantor Gubernur Jateng menolak terhadap rencana pertambangan batuan andesit di Desa Wadas.

Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 539/29 Tahun 2020 Tentang Perpanjangan Atas Penetapan Lokasi Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Bendungan Bener di Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah pada 5 Juni 2020, memiliki jangka waktu satu tahun pemberlakuan, artinya sejak tanggal 5 Juni 2021, segala aktifitas proses pengadaan tanah di Desa Wadas harus dihentikan.

Perwakilan warga Wadas, Azim mengatakan, warga Wadas meminta untuk menghentikan segala bentuk proses pengadaan tanah di Desa Wadas.

Baca Juga: Terkendala Soal Imigrasi, Cantillana Terlambat Gabung Tim

"Namun, tidak ada sikap tegas dari Ganjar, bahkan, seakan menutupi dan tidak transparan terhadap akses informasi untuk warga Wadas," katanya, Senin 21 Juni 2021.

Menurutnya, warga Wadas sudah menolak rencana pertambangan batuan andesit di Desa Wadas sebagai bahan material Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Bener, Purworejo, Jawa Tengah.

"Karena, kegiatan 'Pertambangan Batuan Andesit' bukan sebagai objek pengadaan tanah untuk kepentingan umum. Berbagai penolakan terus dilakukan oleh seluruh warga Wadas. Hingga pada 21 Juni 2021 ini sekitar 16.000 orang turut mendesak agar menghentikan rencana pertambangan batuan andesit di Desa Wadas," ungkapnya.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Mulai Sasar Warga Usia 18 Tahun, Bio Farma Pastikan 7,8 Juta Dosis Vaksin Rampung Juli

Warga Wadas yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Peduli Alam Desa Wadas (GEMPADEWA) menyatakan sikap.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa MAN Purbalingga Diminta Teladani Nabi Muhammad

Minggu, 24 Oktober 2021 | 22:05 WIB

Ajakan Warga Mangunan Jaga Hutan lewat Tradisi Kenduri

Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:32 WIB
X