Dinas PUPR Salatiga Siapkan Outer Ring Road yang Koneksikan Seluruh Jalur Transportasi di Wilayah Pinggiran

- Minggu, 20 Juni 2021 | 09:44 WIB
Manfaat Outer Ring Road (jalan lingkar) seperti JLS Salatiga memecah kepadatan arus kendaraan agar tidak melintas di tengah kota. (suaramerdeka.com/Surya Yuli P) (Surya Yuli P)
Manfaat Outer Ring Road (jalan lingkar) seperti JLS Salatiga memecah kepadatan arus kendaraan agar tidak melintas di tengah kota. (suaramerdeka.com/Surya Yuli P) (Surya Yuli P)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Salatiga menyiapkan pembangunan Outer Ring Road Salatiga, yang mengoneksikan seluruh jalur transportasi di wilayah pinggiran.

Konsep Outer Ring Road Salatiga ini diharapkan memberikan manfaat besar bagi perkembangan Kota Salatiga mulai dari sisi kemudahan transportasi, akses jalan, mengatasi kemacetan, penataan ruang kota yang lebih baik, dan lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas PUPR Kota Salatiga Suryana Adi Setiawan ST MT kepada suaramerdeka.com, kemarin.

Baca Juga: Era 4.0, Ini Manajemen yang Penting Diterapkan Para Penjahit

''Kami segera menyiapkan rencana pembangunan Outer Ring Road Salatiga ini. Kami juga bersyukur rencana ini mendapat dukungan penuh dari Bapak Wali Kota Salatiga Yuliyanto SE MM dan Ketua DPRD Dance Ishak Palit MSi. Terlebih program ini sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Salatiga 2017-2022, dalam rangka meningkatkan kualitas penataan ruang dan infrastruktur perkotaan yang berwawasan lingkungan (misi keempat),'' kata Suryana.

Dijelaskannya, bila saat ini di sisi Barat Kota Salatiga sudah ada Jalan Lingkar Selatan Salatiga (JLS), maka di sisi Timur Kota Salatiga juga dibuat jalan lingkar yang sama.

Kedua JLS tersebut akhirnya saling berhubungan dengan jalan-jalan menuju pusat Kota Salatiga.

Baca Juga: Kedungmenjangan Purbalingga Dilanda Hujan Es, Ini Penjelasannya Menurut Sains

Proyek jalan lingkar di sisi Timur Kota Salatiga yang sedang dipersiapkan ini yang disebut Outer Ring Road Kota Salatiga, melintas di wilayah Kecamatan Sidorejo dan Kecamatan Tingkir.

''Ke depan outer ring road sebagai produk PUPR Pemkot Salatiga akan sangat bermanfaat bagi warga Kota Salatiga atau siapa saja, khususnya sebagai pengguna transportasi. Proyek outer ring road berada di sisi Barat Kota Salatiga meliputi wilayah Kecamatan Sidorejo dan Kecamatan Tingkir. Sumber pendanaan dari APBD Kota Salatiga dan sumber lain yang sah serta tidak mengikat,'' tegas Suryana.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kikis Individualisme, Galakkan Nilai-Nilai Bung Karno

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:15 WIB

Peduli Lingkungan, Raih Penghargaan SDGs Awards

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:51 WIB
X