Kota Pekalongan dalam Zona Orange, Prokes Ketat di Rumah Ibadah Disosialisasikan

- Sabtu, 19 Juni 2021 | 16:50 WIB
Kepala Kemenag Kota Pekalongan, Maksum/Foto JatengProv.go.id
Kepala Kemenag Kota Pekalongan, Maksum/Foto JatengProv.go.id


KOTA PEKALONGAN, suaramerdeka.com – Kasus Covid-19 melonjak di sejumlah wilayah, menuntut semua pihak untuk terus menyesuaikan diri.

Kementerian Agama (Kemenag) menerbitkan Surat Edaran (SE) No 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah. Salah satu poin dalam SE tersebut adalah kegiatan keagamaan di daerah zona merah untuk sementara ditiadakan.

Kepala Kemenag Kota Pekalongan, Maksum menyampaikan, saat ini Kota pekalongan masih berada dalam zona orange. Kegiatan peribadahan masih boleh dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga: Bakal Sedot Wisatawan, Work from Bali Bantu Promosikan Kawasan Lombok Aman

Maksum mengungkapkan, pihaknya sudah melaporkan dan menyurati wali kota, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), DMI, MUI, ormas islam, para pengurus rumah ibadat, Kepala KUA, madrasah, penyuluh agama islam serta pondok pesantren untuk bersama-sama menyosialisasikan kepada masyarakat.

“Kami sebarluaskan ke seluruh lapisan agar dapat disosialisasikan ke masyarakat. Sehingga, pandemi Covid-19 dapat ditekan bersama. Mudah-mudahan seluruh masyarakat menyadari dengan menerapkan prokes ketat,” ungkap Maksum saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (16/6/2021).

Lebih lanjut ia menerangkan, SE tersebut juga mengatur kegiatan sosial, keagamaan, dan kemasyarakatan seperti pengajian umum, pertemuan, pernikahan, haul dan sejenisnya, di ruang serba guna rumah ibadat dihentikan sementara untuk daerah zona merah dan orange sampai kondisi memungkinkan.

Baca Juga: Gowes ke Kendal, Ganjar Cek Situasi Penanganan Covid-19 di RSDC Kebondalem

“Untuk daerah yang dinyatakan aman dari penyebaran Covid-19, kegiatan di rumah ibadat hanya boleh dilakukan oleh warga lingkungan setempat dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: jatengprov

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gading Paradise, Hadirkan Miniatur Eropa di Kebumen

Minggu, 5 Desember 2021 | 11:14 WIB

Akun Twitter Siskaee Lenyap, Ada Apa?

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:46 WIB

Disporapar Genjot Kemajuan Sektor Pariwisata

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:21 WIB
X