Beri Wawasan Dunia Fashion ke Pelajar SMK Melalui Ruang Kreatif Batik Kudus

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 23:36 WIB
Denny Wirawan yang peduli terhadap Batik Kudus. (foto: dok Bakti Djarum Kudus)
Denny Wirawan yang peduli terhadap Batik Kudus. (foto: dok Bakti Djarum Kudus)

KUDUS, suaramerdeka.com - Sejak 2015, Bakti Budaya Djarum Foundation bersama desainer Tanah Air Denny Wirawan senantiasa berupaya untuk membina dan membangkitkan geliat Batik Kudus melalui beragam pergelaran dan juga koleksi busana.

Di tahun 2022 ini, keduanya kembali berkolaborasi untuk menambah wawasan para siswi SMK.

Tambahan wawasan itu diberikan ke SMKN 3 Kudus dan SMK NU Banat Kudus dengan jurusan Tata Busana, melalui Ruang Kreatif: Batik Kudus in Fashion oleh Denny Wirawan yang berlangsung secara hybrid mulai 29 Juli hingga 13 Agustus 2022 mendatang.

Batik Kudus sendiri merupakan warisan budaya dari pesisir Jawa Tengah yang berkembang sejalan dengan perkembangan kerajaan di Jawa.

Baca Juga: Selamat Berbahagia bagi 6 Zodiak Ini, Banjir Uang dan Hujan Rezeki Jumat, 5 Agustus 2022. Cek Zodiakmu

Batik Kudus telah dipresentasikan dalam berbagai pagelaran busana, baik nasional maupun internasional oleh Bakti Budaya Djarum Foundation dan juga Denny Wirawan.

Di antaranya adalah pagelaran Pasar Malam, Jakarta (2015); Padma, New York Fashion Week (2016); Wedari, Jakarta (2017); Batik For The World, UNESCO, Paris (2018), dan Thai Silk Fashion Week, Bangkok, Thailand (2019); Pagelaran Busana Niti Senja, Jakarta (2021).

Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation mengungkapkan, bahwa Ruang Kreatif: Batik Kudus in Fashion oleh Denny Wirawan merupakan salah satu upaya dan komitmen kami untuk melestarikan Batik Kudus.

"Melalui kegiatan ini, kami juga ingin menambah wawasan para pelajar SMKN 3 Kudus dan SMK NU Banat Kudus yang keduanya berada dibawah naungan Bakti Pendidikan Djarum Foundation dengan jurusan tata busana yang memiliki minat di dunia fashion dengan menghadirkan sosok yang kerap memadukan Batik Kudus dengan tangan handalnya. Kami harap dalam kegiatan kolaborasi dari Bakti Budaya Djarum Foundation dan Bakti Pendidikan Djarum Foundation ini dapat mensinergikan program-program kami dan tentunya juga selain menambah wawasan untuk bekal para pelajar dalam berkarya, kegiatan ini nantinya juga akan melahirkan desainer-desainer baru di Tanah Air yang dapat mengharumkan nama bangsa," jelasnya.

Baca Juga: Berbahagialah 7 Zodiak Ini, Hidupnya Dikerubuti Keberuntungan dan Rezeki Serta Cuan Tak Pernah Habis

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Uni Eropa Jajaki Investasi di Jateng

Rabu, 5 Oktober 2022 | 01:55 WIB

Mantan Ketua DPRD Jateng Mardijo Tutup Usia

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:12 WIB

Anggota Ikadin Diminta Jangan Nodai Kode Etik Advokat

Jumat, 30 September 2022 | 13:58 WIB
X