11,3 Juta Batang Rokok Ilegal Dimusnahkan Senilai Rp11,54 Miliar

- Selasa, 26 Juli 2022 | 17:28 WIB
Kepala Kanwil DJBC Jawa Tengah dan DIY Purwantoro bersama Sekda Jateng Sumarno melakukan pemusnahan rokok ilegal di halaman kantor gubernur, Selasa (26/7). (suaramerdeka.com/dok)
Kepala Kanwil DJBC Jawa Tengah dan DIY Purwantoro bersama Sekda Jateng Sumarno melakukan pemusnahan rokok ilegal di halaman kantor gubernur, Selasa (26/7). (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sebanyak 11,3 juta batang rokok ilegal senilai Rp11,54 miliar dimusnahkan Bea Cukai Jateng DIY bersama Forkopimda Jateng.

Pemusnahan di halaman kantor gubernur Jawa Tengah ini berasal dari 20 kali penindakan pada tahun 2021, Selasa, 26 Juli 2022.

Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan DIY Purwantoro mengatakan, potensi penerimaan negara yang seharusnya dibayar sebesar Rp7,58 miliar.

Dijelaskan, barang yang dimusnahkan merupakan hasil kolaborasi Kanwil Bea Cukai Jateng DIY bersama APH lainnya yaitu TNI, Polri, Kejaksaan,

Organisasi Pemerintah Daerah, dan instansi terkait lainnya dalam rangka pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Pelaku Mutilasi di Ungaran Memotong Tubuh Korban Menjadi 11 Bagian

Selama periode 1 Januari hingga 25 Juli 2022 Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dan satuan kerja di bawahnya telah melakukan 530 kali penindakan dengan jumlah rokok ilegal yang disita sebanyak 39.723.022 batang.

Total nilai barang hasil penindakan tersebut mencapai Rp44,07 miliar dan potensi penerimaan negara yang seharusnya dibayar sebesar Rp29,93 miliar.

"Bea Cukai akan terus meningkatkan sinergi dengan Pemda dan APH lainnya dalam rangka pemanfaatan DBHCHT di bidang penegakan hukum," imbuhnya.

Upaya tersebut meliputi operasi pasar bersama pemberantasan rokok ilegal, sosialisasi ketentuan di bidang cukai kepada masyarakat, pengumpulan informasi peredaran rokok ilegal.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X