17 Nakes RS Elisabeth Purwokerto Terpapar Covid-19, Layanan IGD Terpaksa Tutup

- Jumat, 18 Juni 2021 | 15:33 WIB
Tenaga kesehatan (nakes): suaramerdeka.com/dokumentasi jatengprov.go.id
Tenaga kesehatan (nakes): suaramerdeka.com/dokumentasi jatengprov.go.id

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Sebanyak 17 tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Elisabeth Purwokerto dilaporkan terpapar Covid-19. Akibatnya, layanan kesehatan di IGD tutup sementara selama tujuh hari.

Bupati Banyumas, Achmad Husein saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (18/6) membenarkan informasi tersebut.

Berdasarkan laporan kasus terkonfirmasi Covid-19 tenaga kesehatan RS Elisabeth yang ia terima menyebutkan, kasus berawal dari satu perawat terkonfirmasi positif. Kemudian, dari hasil tracing ada satu dokter yang bergejala ringan.

Baca Juga: Pensiun MotoGP, Valentino Rossi: Hanya Imajinasi Jurnalis Terlalu Tinggi

Hasil pengembangan terdapat 16 kontak erat nakes dan karyawan serta satu anggota keluarga nakes. Dengan hasil swab test 17 positif. Ketujuh belas orang tersebut satu gejala ringan dan 16 orang tanpa gejala. Para nakes yang terpapar Covid-19, kini sedang menjalani isolasi di rumah sakit.

Lebih lanjut bupati mengatakan, sampai saat ini tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) masih aman. Laporan yang ia terima jumlah pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di 15 rumah sakit di Kabupaten Banyumas sebanyak 317 pasien.

Baca Juga: Sepanjang Karier Fuad Alkhar atau Wan Abud Lebih Banyak Membintangi Film-film Komedi

Perinciannya 219 pasien asal Banyumas, 4 pasien asal Banjarnegara, 41 pasien Cilacap, 16 pasien asal Brebes, 5 pasien asal Kebumen, 23 pasien asal Purbalingga. Pasien lainnya dari Sukoharjo, Pemalang, NTT, Jakarta Barat, Yogyakarta, Batang, Kebayoran Baru, Kendal, Kulon Progo, Maluku Tengah, Bekasi dan Ciamis.

Sedangkan total BOR yang ada di rumah sakit ada 661 bed. "Senin ada tambahan. Saya minta sampai dengan 1000," kata bupati.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Serahkan DIPA dan TKD 2023, Dana Desa Jateng Rp 7,85 T

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:22 WIB

Kominfo Sosialisasikan RKUHP di Unsoed Purwokerto

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:50 WIB
X