Kegiatan Keagamaan di Banyumas Dibatasi, Upaya Penanggulangan Covid-19

- Jumat, 18 Juni 2021 | 12:15 WIB
Ilustrasi shalat. (suaramerdeka.com / dok)
Ilustrasi shalat. (suaramerdeka.com / dok)

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Kabupaten Banyumas memutuskan pembatasan kegiatan keagamaan dalam upaya penanggulangan penyebaran Covid-19.

Keputusan tersebut tertuang dalam kesepakatan bersama antara Forkopimda Banyumas, Kantor Kemenag Banyumas serta tokoh agama pada 15 Juni 2021.

Point keputusan bersama tersebut meliputi, kegiatan peribadatan di rumah ibadah hanya untuk warga lingkungan setempat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Baca Juga: Kemenkes Tak Izinkan 4 Vaksin Ini untuk Vaksinasi Mandiri, Ini Penjelasan Jubir Covid-19

Kemudian, kegiatan sosial keagamaan seperti kajian-kajian keagamaan, yasinan, shalawatan, perjanjen, pertemuan dan sejenisnya di dalam atau luar lingkungan rumah ibadah dihentikan sementara sampai dengan situasi penyebaran atau penularan Covid dinyatakan terkendali.

Kegiatan hajatan (pernikahan dan sunatan) dilarang atau ditunda. Kecuali prosesi akad nikah (ijab kabul dan pemberkatan pernikahan) dapat dilaksanakan dengan ketentuan di kantor urusan agama atau catatan sipil yang dihadiri tidak lebih dari  10 orang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Bupati Banyumas Achmad Husein saat dikonfirmasi wartawan Kamis (17/6) malam, membenarkan terkait dengan kesepakatan bersama tersebut.

Baca Juga: PTM Juli Belum Diputuskan, Dinas Pendidikan Jakarta: Kita Kan Melindungi Warga

Sebelumnya bupati mengatakan pemberlakuan pelarangan hajatan sedianya mulai tanggal 1 Juli 2021. Namun setelah mendengarkan masukan dari Ketua DPRD dr Budhi Setiawan dan kepala desa, serta munculnya klaster hajatan, maka keputusan pemberlakuan pelarangan hajatan lebih awal.

"Kami putuskan dengan Peraturan Bupati, supaya bisa cepat dilaksanakan. Untuk yang sudah terlanjur mendapat rekomendasi oleh Bagian Kesra Setda, mohon bisa disesuaikan," kata Bupati.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Belasan Kelompok Tani di Sleman Dibantu Alsintan

Jumat, 24 September 2021 | 14:49 WIB

BIN Door to Door Vaksin Warga Temanggung

Kamis, 23 September 2021 | 20:30 WIB
X