Peringatan Dini BMKG: Waspada Gelombang Tinggi Laut Selatan Jateng

- Rabu, 16 Juni 2021 | 19:17 WIB
Foto: BMKG
Foto: BMKG

CILACAP, suaramerdeka.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di laut dan Samudera Hindia selatan Jawa Tengah (Jateng), Jawa Barat (Jabar) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam tiga hari ke depan.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan mengatakan, prakiraan itu berlaku mulai Rabu, 16 Juni 2021 pagi, pukul 07.00 sampai dengan Jumat, 18 Juni 2021, pukul 07.00 Wib.

Menurut dia, gelombang di perairan selatan Jateng, Jabar dan DIY berpeluang mencapai 2,5-4 meter, atau kategori tinggi. Sedangkan gelombang di Samudera Hindia selatan wilayah tersebut berpeluang mencapai 4-6 meter, atau kategori sangat tinggi.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2021 Segera Dibuka, Simak Syarat Umum dan Alur Seleksi

"Karena itu, kami mengimbau kepada para nelayan maupun pelaku aktivitas maritim untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran," kata Rendi Krisnawan.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

Lebih lanjut dia menjelaskan, potensi gelombang tinggi itu karena saat ini dominan angin timuran. Yakni angin yang berhembus dari Benua Australia menuju ke Benua Asia, atau dari belahan bumi selatan ke belahan bumi utara.

Baca Juga: Kapolda Jateng: Kota Semarang Jadi Fokus Penanganan Covid-19

Saat musim kemarau, lanjut dia pada belahan bumi selatan atau Benua Australia ada beberapa daerah tekanan tinggi. Sementara itu, pada belahan bumi utara atau Benua Asia terdapat daerah tekanan rendah.

"Angin berhembus dari tekanan tinggi menuju ke tekanan yang lebih rendah. Pergerakan angin dengan kecepatan tinggi tersebut kemudian memicu ketinggian gelombang laut," jelasnya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

PKS: Kitab Kuning Pondasi Pembangunan Peradaban

Senin, 6 Desember 2021 | 12:03 WIB

Komunitas Save Pekalongan Bantu Warga Terdampak Rob

Senin, 6 Desember 2021 | 09:12 WIB

Gading Paradise, Hadirkan Miniatur Eropa di Kebumen

Minggu, 5 Desember 2021 | 11:14 WIB

Akun Twitter Siskaee Lenyap, Ada Apa?

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:46 WIB
X