Warga Turgo Enggan Periksakan Diri, DPRD Sleman Jemput Bola Beri Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

- Rabu, 16 Juni 2021 | 14:19 WIB
 BERBINCANG : Ketua Komisi A DPRD Sleman Ani Martanti berbincang dengan salah satu warga peserta bakti sosial di Dusun Turgo, Purwobinangun, Pakem, Rabu (16/6).(suaramerdeka.com/Amelia Hapsari)
BERBINCANG : Ketua Komisi A DPRD Sleman Ani Martanti berbincang dengan salah satu warga peserta bakti sosial di Dusun Turgo, Purwobinangun, Pakem, Rabu (16/6).(suaramerdeka.com/Amelia Hapsari)

SLEMAN, suaramerdeka.com - Pandemi Covid-19 menjadikan sebagian warga enggan datang ke tempat layanan kesehatan untuk memeriksakan diri. Oleh karena itu, perlu upaya jemput bola guna memastikan kesehatan masyarakat tetap terjaga.

"Pelayanan kesehatan harus tetap diadakan meski di masa pandemi. Jangan sampai masyarakat jadi tidak berobat karena merasa takut," kata Ketua Komisi A DPRD Sleman Ani Martanti disela bakti sosial di Dusun Turgo, Purwobinangun, Pakem, Rabu (16/6).

Pada acara bakti sosial ini, puluhan warga dari empat RT mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis dari tim dokter UGM, dan Puskesmas Pakem. Selain cek kesehatan secara umum, warga khususnya lansia menjalani pemeriksaan USG saluran kemih.

Baca Juga: Varian Delta Menyebar dari Kudus ke Boyolali, Satgas: Penelitian dengan Metode WGS Akan Diterapkan

Untuk mengantisipasi kerumunan, kegiatan dibagi menjadi empat sesi. Sebelum masuk ke ruang pemeriksaan, warga juga terlebih dulu dicek suhu tubuh dan memakai hand sanitizer.

Pada kesempatan itu, diserahkan pula bantuan dua unit kursi roda yang diterima secara simbolis oleh perwakilan keluarga pasien.

"Diharapkan masyarakat bisa terfasilitasi dengan baik di masa pandemi apalagi Dusun Turgo ini lokasinya jauh dari faskes," imbuh legislatif dari fraksi PKB ini.

Baksos semacam ini setidaknya sudah tiga kali dia selenggarakan di masa pandemi. Kegiatan sebelumnya juga diadakan di wilayah lereng Merapi. Menurut Ani, sengaja dipilih daerah yang letaknya cukup terpencil dengan maksud pemerataan layanan kesehatan.

Baca Juga: WhatsApp Akhirnya Batalkan Kebijakan Baru Soal Privasi

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kesongo Kembali Semburkan Lumpur, Warga Berhamburan

Selasa, 28 September 2021 | 12:30 WIB

Angka Stunting Tinggi, Pemerintah Libatkan Mahasiswa

Senin, 27 September 2021 | 19:18 WIB

Hujan Deras, Rumah Rusak Diterjang Longsor

Senin, 27 September 2021 | 15:40 WIB

2.302 Peserta Ikuti SKD CASN Pemkot Magelang

Senin, 27 September 2021 | 15:12 WIB
X