BPBD Jateng Pastikan Banjir Rob Sejumlah Wilayah Mulai Surut, Perkembangan Dimonitor

- Kamis, 23 Juni 2022 | 06:45 WIB
Rob melanda kawasan Pelabuhan Tanjung Emas dan wilayah perkampungan di sekitarnya, Senin 23 Mei 2022. (suaramerdeka.com / Nugroho DS)
Rob melanda kawasan Pelabuhan Tanjung Emas dan wilayah perkampungan di sekitarnya, Senin 23 Mei 2022. (suaramerdeka.com / Nugroho DS)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah memastikan banjir rob akibat tingginya air pasang laut di sejumlah wilayah mulai surut.

Sebelumnya pada 20 Juni, banjir rob melandar sekitar 10 wilayah di provinsi setempat.

Kepala Bagian Tata Usaha BPBD Jateng Safrudin mengatakan, berdasarkan prakiraan BMKG bahwa banjir rob surut, pada Selasa 21 Juni 2022.

Baca Juga: Mantap Gabung Bayern Muenchen, Sadio Mane: Saya Sangat Suka Klub Ini!

"Dilihat tanggal 21 Juni, pukul 14.15 WIB itu puncaknya. Turun sampai pukul 22.00 WIB titik terendah. Itu prakiraan BMKG dilihat dari sini, di Pelabuhan (Tanjung Emas) turun. Semua semakin surut (pantauannya)," kata Safrudin di kemarin.

Dia menuturkan, rob di Jateng pada 20 Juni melanda 10 kabupaten/ kota, yaitu Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kota Semarang, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kendal, Brebes, Demak, Batang, dan Pemalang.

"Dengan ketinggian rata-rata 30-70 cm. Penanganan semakin membaik karena kita telah menginformasikan jauh hari sebelum tanggal 20 Juni. Dari awal telah menginformasikan ke kabupaten kota di pantura dan pesisir selatan, untuk antisipasi gelombang tinggi," sambungnya.

Baca Juga: Lurah Hebat: Kelurahan Gemah Fasilitasi Masalah Warga Lewat Rumah Aspirasi

Ditambahkan, BMKG telah memperkirakan waktu akan adanya gelombang tingg. Termasuk yang terjadi pada 20 Juni.

BPBD Provinsi Jateng sudah menginformasikan terkait dengan potensi, ancaman pasang tinggi air melalui surat yang ditandatangani Sekda Jateng, termasuk telah merapatkan hal tersebut.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Serahkan DIPA dan TKD 2023, Dana Desa Jateng Rp 7,85 T

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:22 WIB

Kominfo Sosialisasikan RKUHP di Unsoed Purwokerto

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:50 WIB

Jateng Optimistis: Siapkan Upaya Konkret Hadapi Resesi

Selasa, 6 Desember 2022 | 05:20 WIB
X