Sambanggo Gairahkan Wisata Kulon Progo, Kenalkan Potensi Geowisata Purba

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 08:24 WIB
Rombongan jurnalis dijemput dengan VW Safari dari Yogyakarta International Airport untuk berkeliling Kulon Progo. (suaramerdeka.com / Modesta Fiska)
Rombongan jurnalis dijemput dengan VW Safari dari Yogyakarta International Airport untuk berkeliling Kulon Progo. (suaramerdeka.com / Modesta Fiska)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Upaya Pemkab Kulon Progo untuk menggenjot destinasi wisata alam dan budaya di wilayahnya terus diakselerasi.

Sambanggo atau merupakan akronim dari Sambang Kulon Progo tidak hanya sekadar memiliki arti ''Sambang'' atau ''Monggo'' tetapi sekaligus juga sebuah gerakan untuk menggairahkan sektor pariwisata yang sempat terpuruk saat pandemi Covid-19 melanda.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo Joko Mursito, potensi geowisata purba seperti Gunung Gajah, Gunung Ijo, Gunung Kendil juga terus dikenalkan sebagai kekuatan pariwisata Kulon Progo ke depannya.

Baca Juga: Ini Dia 5 Fakta Menarik Pengabdi Setan 2: Communion, Tambah Bikin Penasaran?

"SK Kementerian ESDM tahun 2021 sudah kami terima bahwa di wilayah ini ada tiga gunung api purba serta banyak peninggalan batu purba lainnya. Inilah yang sedang kami kembangkan diintegrasikan dengan potensi wisata alam dan budaya lainnya," kata Joko.

Ditambahkan, keterlibatan para arkeolog dalam pengembangan potensi geowisata purba ini diharapkan bisa mendorong keberhasilan Kulon Progo untuk bisa menjadikan destinasi ini sebagai geowisata purba dunia.

Sejumlah destinasi wisata lain di Kulon Progo juga terus menjadi jujugan turis seperti desa wisata Purwosari, kebun teh Gumilir, Pantai Glagah, Gua Kiskendo.

Baca Juga: Belum Bisa Lupakan Kepergian Lionel Messi, Joan Laporta: Dia Memberikan Kami Segalanya

Selain itu juga menikmati sendratari Subali dan Sugriwa yang sangat menghibur serta berkunjung ke Sungai Mudal yang berwarna biru toska.***

SIMAK INFORMASI SUARAMERDEKA.COM SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Serahkan DIPA dan TKD 2023, Dana Desa Jateng Rp 7,85 T

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:22 WIB

Kominfo Sosialisasikan RKUHP di Unsoed Purwokerto

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:50 WIB
X