Polres Wonogiri Amankan 7 Anggota Jaringan Kelompok Khilafatul Muslimin, Berkedok Pendidikan Madrasah

- Kamis, 16 Juni 2022 | 12:48 WIB
Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto dalam jumpa pers penangkapan anggota Khilafatul Muslimin. (suaramerdeka.com / dokumentasi Humas Polres Wonogiri)
Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto dalam jumpa pers penangkapan anggota Khilafatul Muslimin. (suaramerdeka.com / dokumentasi Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Polres Wonogiri mengamankan 7 orang anggota jaringan Khilafatul Muslimin di Desa, Wonokerto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Sejak tahun 2021, Khilafatul Muslimin mendirikan bangunan dan menggunakan bangunan tersebut untuk kegiatan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Khilafatul Muslimin dimana pendirian madrasah tanpa dilengkapi izin dari pemerintah.

Bahkan, pendirian madrasah PPUI Khilafatul Muslimin tanpa dilengkapi izin dari pemerintah.

Jaringan ini diduga telah melanggar pasal 62 ayat 1 jo Pasal 71 UURI nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional jo pasal 65 ayat 1 UURI no.11 tahun 2020 tentang cipta kerja jo pasal 55 ayat 1 KUHP.

Baca Juga: Prediksi Lengkap Ramalan Zodiakmu Jumat 17 Juni 2022, untuk Libra, Taurus, Sagitarius

Tujuh orang yang diamankan terdiri kepala sekolah, pengasuh dan guru, berinisial YH, SG, IZ, SB, MI, RW, dan AR, yang merupakan warga dari luar Wonogiri.

Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto mengungkapkan kegiatan yang dilaksanakan Khilafatul Muslimin bemula saat pelaku, inisial S, pada 2014 mengadakan pengajian yang diikuti warga sekitar di Masjid Al Muttaqin.

Kegiatan tersebut seizin Kadus, inisial PY, yang juga selaku pelapor.

Baca Juga: Jadi Sentra UMKM Gitar, Perajin Ngrombo Didorong Go Internasional

Seiring berjalannya waktu, pengajian S diikuti warga, yang lantas menilai isi pengajian tidak sesuai dengan ajaran Islam sehingga membuat resah dan menentang pengajian tersebut.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Serahkan DIPA dan TKD 2023, Dana Desa Jateng Rp 7,85 T

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:22 WIB

Kominfo Sosialisasikan RKUHP di Unsoed Purwokerto

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:50 WIB
X