Covid-19 Mengganas, 5 Desa di Rembang Lockdown

- Selasa, 15 Juni 2021 | 16:31 WIB
LOCKDOWN : Petugas dan Perangkat Desa Terjan Kecamatan Kragan berjaga di pintu masuk desa untuk memastikan tidak ada masyarakat luar masuk setelah diterapkannya   kebijakan lockdown. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)
LOCKDOWN : Petugas dan Perangkat Desa Terjan Kecamatan Kragan berjaga di pintu masuk desa untuk memastikan tidak ada masyarakat luar masuk setelah diterapkannya kebijakan lockdown. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka.com – Mengganasnya angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Rembang membuat lima desa menerapkan kebijakan lockdown. Mereka sementara waktu menutup aktivitas yang berhubungan dengan masyarakat luar.

Lima desa yang melakukan lockdown tersebut tiga di Kecamatan Bulu, satu di Kecamatan Rembang serta satu di Kecamatan Kragan. Di Bulu, desa yang lockdown adalah Jukung, Mantingan dan Lambangan Wetan.

Sedangkan di Rembang dan Kragan masing-masing adalah Sumberjo dan Terjan. Atas kebijakan tersebut pemerintah desa menempatkan petugas dan pos jaga di seluruh titik pintu keluar masuk desa.

Baca Juga: Kampung Tangguh Narkoba, DPR: Kami Apresiasi Ide Cerdas Kapolri

Camat Bulu, Selamet menyatakan, selain warga setempat tidak diperkenankan masuk ke tiga desa yang melaksanakan lockdown. Petugas desa akan memeriksa identitas setiap warga yang melakukan aktivitas keluar masuk.

“Di lingkungan desa, kami perketat pelaksanaan protokoler kesehatan. Siapa saja yang bukan warga dari tiga desa tersebut dilarang bertamu. Petugas akan mengecek identitas orang yang masuk,” terang Selamet.

Kepala Desa Terjan Kecamatan Kragan Nur Kosim mengungkapkan, sementara waktu ini pedagang dan petugas bank keliling tidak diperkenankan memasuki wilayah desa. Begitu pula dengan tamu dari luar kota tidak diperbolehkan masuk.

Baca Juga: Kripto Bukan Alat Pembayaran Sah, BI Larang Pengunaannya di Lembaga Keuangan

Menurut Kosim, kebijakan tersebut bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Rembang. Sebab, sebelumnya ada satu keluarga di Terjan yang terkonfirmasi positif Covid-19 sepulang perjalanan di luar kota.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Zuber Safawi Pendiri PKS Jawa Tengah Berpulang

Kamis, 22 Juli 2021 | 20:43 WIB
X