Penyandang Disabilitas Dibekali Pengetahuan Komunikasi Risiko

- Jumat, 10 Juni 2022 | 11:00 WIB
Pembekalan untuk disabilitas melalui semiloka digelar BPBD Jateng bekerja sama dengan LIDi. (suaramerdeka.com / dok BPBD)
Pembekalan untuk disabilitas melalui semiloka digelar BPBD Jateng bekerja sama dengan LIDi. (suaramerdeka.com / dok BPBD)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Upaya untuk mendorong pengetahuan mendalam soal komunikasi risiko seputar kesehatan di kalangan penyandang disabilitas terus digerakkan.

Dengan pengetahuan yang memadai, maka akses terhadap proteksi dari bencana yang lebih luas bagi penyandang disabilitas baik fisik maupun non-fisik bisa lebih terbuka lebar.

''Komunikasi risiko bertujuan memberi informasi terkini dan terpercaya sehingga kelompok disabilitas dapat mengambil keputusan terbaik untuk dirinya, termasuk mendukung perubahan perilaku kepada pencegahan dan pengendalian penyakit menular/wabah,'' kata Kepala Bidang Logistik dan Peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, Alexander Armin Nugroho, Jumat 10 Juni 2022.

Baca Juga: Intip Asmara Zodiak Hari Ini 10 Juni 2022: Cancer Mudah Tersinggung, Leo Diganggu Stres, Virgo Nikmati Romansa

Pembekalan melalui semiloka selama tiga hari ini sebelumnya telah dilakukan bekerjasama dengan Unit Layanan Inklusif Disabilitas (LIDi) Jateng.

Selain itu juga didukung Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP), program kemitraan pemerintah Austalia Indonesia untuk ketahanan kesehatan.

Kemudian, bersama-sama mendorong peningkatan pengetahuan tentang komunikasi risiko seputar krisis kesehatan di antara penyandang disabilitas di Jateng.

Di provinsi Jawa Tengah sendiri terdapat 126 ribu penyandang disabilitas yang membutuhkan materi komunikasi risiko.

Baca Juga: Asmara Zodiak Hari Ini 10 Juni 2022: Kejutan Besar Scorpio, Libra Stres, Sagitarius Jernihkan Suasana

Direktur Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pangarso Suryotomo menegaskan, kelompok disabilitas perlu diberdayakan, serta didorong untuk mengambil peran aktif dalam mengentaskan Covid-19.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Serahkan DIPA dan TKD 2023, Dana Desa Jateng Rp 7,85 T

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:22 WIB

Kominfo Sosialisasikan RKUHP di Unsoed Purwokerto

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:50 WIB

Jateng Optimistis: Siapkan Upaya Konkret Hadapi Resesi

Selasa, 6 Desember 2022 | 05:20 WIB
X