Kunci Sukses Hadapi Covid-19, Kadinkes Jateng Minta Jogo Tonggo Tetap Diaktifkan

- Kamis, 9 Juni 2022 | 12:00 WIB
Kadinkes Jateng Yunita Dyah Suminar memberikan pembekalan secara virtual PKN IPC IPE Poltekkes Kemenkes Semarang. (suaramerdeka.com / dok Poltekkes)
Kadinkes Jateng Yunita Dyah Suminar memberikan pembekalan secara virtual PKN IPC IPE Poltekkes Kemenkes Semarang. (suaramerdeka.com / dok Poltekkes)

D SEMARANG, suaramerdeka.com - Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yunita Dyah Suminar mengatakan, Program Jogo Tonggo menjadi salah satu kunci sukses dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Masyarakat merupakan garda terdepan yang bisa memberikan kekuatan yang luar biasa. Karena itu, keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 tidak lepas dari Program Jogo Tonggo yang diharapkan bisa terus berjalan di tengah masyarakat," paparnya.

Dia mengatakan hal itu saat memberikan pembekalan pada acara pelepasan 557 mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang untuk mengikuti PKN IPC/IPE di Banyumas, kemarin.

Lebih lanjut Kadinkes berharap, para mahasiswa bisa mengedukasi para kepala desa, ibu-ibu PKK, bidan desa, dan mengajak masyarakat untuk ikut bergerak, memotivasi, memberikan stimulan untuk bersama-sama mengatasi permasalahan kesehatan.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 9 Juni 2022: Andin Ikuti Permainan Ricky, Apa Siasat Ammar?

“Termasuk ikut menggerakkan kembali dan merevitalisasi Jogo Tonggo dalam masyarakat," kata Kadinkes.

Jogo Tonggo, menurutnya, sangat tepat untuk mengatasi permasalahan kesehatan dengan melibatkan RT, RW, hingga keluarga.

Di mana mereka saling menjaga dan memberikan informasi terhadap masalah kesehatan yang dialami warga atau tetangganya agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Dari data di Dinas Kesehatan Jateng, selama pandemi Covid-19 tercatat ada 2.423.819 orang yang terlibat dalam Jogo Tonggo.

Baca Juga: Jaga Suplai Listrik, PLN UPT Salatiga Lakukan Pemeliharaan Korektif di Gardu Induk Beringin

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Serahkan DIPA dan TKD 2023, Dana Desa Jateng Rp 7,85 T

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:22 WIB

Kominfo Sosialisasikan RKUHP di Unsoed Purwokerto

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:50 WIB

Jateng Optimistis: Siapkan Upaya Konkret Hadapi Resesi

Selasa, 6 Desember 2022 | 05:20 WIB
X