DKP Jateng Perketat Pengawasan Distribusi BBM Industri untuk Kapal Ikan

- Kamis, 2 Juni 2022 | 23:56 WIB
Ilustrasi penyaluran BBM industri non subsidi. (foto: Twitter Indra Angkola Group)
Ilustrasi penyaluran BBM industri non subsidi. (foto: Twitter Indra Angkola Group)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Adanya penimbunan solar bersubsidi di Juwana, Pati beberapa waktu lalu membuat Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jateng akan terus meningkatkan pengawasan di pelabuhan. 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, Fendiawan Tiskiantoro mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polairud Polda Jateng, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) dan Pertamina untuk mengawasi distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) industri, di kapal – kapal perikanan. 

Fendiawan menjelaskan, saat ini terdapat 27 perusahaan yang terdaftar sebagai penyalur solar industri di wilayah Jawa Tengah. 

Baca Juga: Ingin Membuat Blur Tampilan Riwayat Percakapan Chat WA? Begini Caranya

Perusahaan-perusahaan tersebut harus memenuhi sejumlah persyaratan yang ditetapkan, agar dapat menyalurkan solar industri. 

"Kami berkoordinasi dengan Polairud Polda Jateng, Lanal, dan juga Pertamina, untuk melakukan pengawasan. Saat ini, ada 11 pelabuhan yang digunakan untuk mendistribusikan solar industri yang digunakan oleh kapal perikanan," katanya, Kamis, 2 Juni 2022. 

Untuk mengantisipasi penyalahgunaan BBM industri, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah akan berkirim surat ke BPH Migas perihal permohonan pengawasan penyaluran BBM Industri di PPP Jawa Tengah.

Baca Juga: Ingin Tahu Lebih Banyak Sosok Badarawuhi? Ini 4 Faktanya

Selain itu juga melakukan evaluasi operasional penyaluran BBM setiap 3 bulan. 

Pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan BPH Migas dan Kementerian ESDM terkait dengan regulasi penyaluran BBM industri. 

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengurus Cabang IAKMI Se-Jateng Dilantik

Sabtu, 4 Februari 2023 | 15:45 WIB

Etika Digital dalam Bermedia Cegah Turbulensi Politik

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:48 WIB
X