Distribusi Pupuk ZA untuk Tembakau Terhambat, Bupati Temanggung Minta Percepatan

- Kamis, 26 Mei 2022 | 08:24 WIB
Bupati Temanggung HM Al Khadziq saat rapat bersama perwakilan PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC). (suaramerdeka.com / Riki Diswantoro)
Bupati Temanggung HM Al Khadziq saat rapat bersama perwakilan PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC). (suaramerdeka.com / Riki Diswantoro)

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Bupati Temanggung, HM Al Khadziq berkirim surat kepada PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) untuk mempercepat distribusi pupuk, khususnya ZA.

Pasalnya, kata Bupati Temanggung, pupuk ZA karena sangat dibutuhkan petani untuk pemupukan tanaman tembakau wilayah lereng gunung atau tegalan.

"Harapan dalam satu minggu ini pupuk untuk Kabupaten Temanggung sudah terpenuhi untuk pemupukan tanaman tembakau," kata Bupati, ditemui usai rakor pupuk, Kemarin.

Bupati mengatakan, petani kesulitan mendapatkan pupuk ZA dalam beberapa waktu terakhir karena keterlambatan transportasi pada libur Lebaran.

Baca Juga: Ramalan Asmara Zodiak Hari Ini 26 Mei 2022: Cinta Aries Rumit, Taurus dan Gemini Gimana?

Setelah libur usai, Pemkab Temanggung meminta ada percepatan distribusi dan alokasi pupuk ZA untuk Temanggung.

"Satu minggu atau dua minggu ini paling lama, tembakau harus dipupuk ZA, jika tidak maka akan menurunkan produktivitas tembakau di tahun ini. Ini berkaitan dengan tingkat kesejahteraan petani," terangnya.

Disampaikan, ada pergeseran tanam tembakau pada musim tahun ini, maka pemupukan juga bergeser dari April menjadi Mei.

PIHC rupanya masih berpatokan pada jadwal alokasi, yang membuat petani kesulitan mendapatkan ZA.

Baca Juga: AS Roma Juara UEFA Conference League, Menang 1-0 Atas Feyenoord

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X