Meski Covid-19 Melandai, Ketua IDI Jawa Tengah Minta Tetap Waspada Penyakit Lainnya

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:11 WIB
Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Jawa Tengah dr Joko Handoyo. (suaramerdeka.com/dok)
Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Jawa Tengah dr Joko Handoyo. (suaramerdeka.com/dok)
PURBALINGGA, suaramerdeka.com - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Jawa Tengah dr Joko Handoyo meminta para dokter untuk tetap waspada meski saat ini kasus Covid-19 sudah mulai melandai.
 
"Kasus Covid-19 memang sudah melandai tetapi kita tetap harus waspada. Karena yang kita hadapi tidak hanya Covid-19 tetapi kita harus tetap mengawasi,
 
memantau dan tetap waspada terhadap penyakit yang lain, salah satunya muntaber atau kolera," katanya.
 
Dia mengatakan hal itu saat pembukaan Rapat Pleno Diperluas dan Halal Bihalal IDI Jawa Tengah Tahun 2022 di Hotel Braling Purbalingga, Sabtu, 21 Mei 2022.
 
Kegiatan yang dihadiri Presiden Elect/Ketua Umum PB IDI terpilih dr Slamet Budiarto itu diikuti pengurus IDI kabupaten/kota se Jawa Tengah.
 
"Penyakit muntaber atau kolera ini sudah ada sejak dulu sampai sekarang. Penyebabnya karena kelangkaan air bersih dan terjadinya kontaminasi.
 
Dalam rangka Hari Bakti Dokter Indonesia, PB IDI telah melaksanakan kegiatan di Sukolilo, Pati dengan pengadaan air bersih dan jambanisasi," katanya.
 
dr Joko menambahkan, meskipun sudah ada kelonggaran terkait Covid-19, pihaknya berharap hal-hal yang baik, seperti memakai masker tetap dilanjutkan.
 
Sebab memakai masker itu tidak hanya untuk menghadapi Covid tetapi juga untuk penyakit lain, misalnya TBC.
 
"Tidak perlu menunggu instruksi. Karena ini merupakan tanggung jawab dan hak pribadi masing-masing individu. Karena masing-masing juga harus memelihara dan menjaga kesehatan," katanya dalam kegiatan yang juga dihadiri Ketua IDI Purbalingga dr Ujang Y Mulyana itu.
 
Bupati Purbalingga yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan dr Jusi Febrianto sependapat dengan Ketua IDI Jawa Tengah.
 
Meski kasus Covid sudah melandai saat ini sehingga ada kelonggaran-kelonggaran, dia minta tetap waspada dan menjaga protokol.kesehatan.
 
"Bersyukur bahwa berkat perjuangan kita bersama, tahun ini mulai ada kelonggaran di berbagai hal.
 
Namun saya mengajak bagaimana kita tetap waspada dengan tetap menjaga prokes untuk menjaga kesehatan kita, keluarga dan masyarakat," katanya.

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X